News
·
4 November 2020 11:12

Menko PMK Berduka Wafatnya Dalang Ki Seno: Seluruh Ilmunya Jadi Amal Baik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menko PMK Berduka Wafatnya Dalang Ki Seno: Seluruh Ilmunya Jadi Amal Baik (347403)
Suasana rumah duka Ki Seno Nugoroho di Gayam, Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Rabu (4/11). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Kabar duka datang dari dunia seni Indonesia. Dalang wayang kulit kondang, Ki Seno Nugroho, tutup usia pada Selasa (3/11). Almarhum Ki Seno yang juga merupakan seorang Youtuber itu meninggal pada usia 48 tahun.
ADVERTISEMENT
Ucapan duka pun turut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Muhadjir mendoakan agar seluruh ilmu yang telah diturunkan almarhum semasa hidupnya kelak dicatat sebagai amalan baik.
"Seluruh pertunjukan yang telah digelar almarhum dan ilmu yang yang telah diajarkan pada anak didik akan menjadi amalan baik. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/11).
Menko PMK Berduka Wafatnya Dalang Ki Seno: Seluruh Ilmunya Jadi Amal Baik (347404)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Foto: Menko PMK
Tak hanya mengetahui sosok Ki Seno, Muhadjir mengungkapkan ia beberapa kali sempat menyaksikan pertunjukan wayang yang digelar Ki Seno Nugroho. Muhadjir mengenang sosok almarhum Ki Seno sebagai dalang yang hebat.
"Saya beberapa kali telah menonton pertunjukan yang digelarnya. Almarhum adalah dalang wayang kulit yang tak kalah hebatnya dengan almarhum Ki Manteb Sudharsono," kata Muhadjir.
Menko PMK Berduka Wafatnya Dalang Ki Seno: Seluruh Ilmunya Jadi Amal Baik (347405)
Ki Seno Nugroho. Foto: Facebook/@Ki Seno Nugroho Unofficial
Ki Seno lahir di Kampung Mangkukusuman, Kelurahan Baciro, Yogyakarta pada 23 Agustus 1972. Seno merupakan putra keempat dari pasangan Suparman Cermo Wiyoto dan Sayekti. Ki Suparman juga merupaka dalang kondang semasa hidupnya. Ki Seno mewarisi darah dalang dari ayahnya atau dalam istilah Jawa disebut Dalang Kewahyon.
ADVERTISEMENT
Almarhum Ki Seno Nugroho telah menekuni dunia pedalangan sejak usia 10 tahun. Belakangan, Ki Seno mulai aktif menayangkan pentas wayang lewat live streaming YouTube untuk menggaet para penggemar wayang dari kalangan anak-anak muda. Dengan merambah media sosial, seluruh dunia pun dapat menyaksikan secara langsung pertunjukan Ki Seno lewat siaran di kanal Youtube pribadinya.
Kabar meninggalnya Ki seno sebelumnya dibenarkan oleh salah seorang sinden, Ayu Purwa Lestari. Meski begitu Ayu belum tahu pasti hal apa yang menyebabkan Ki Seno tutup usia.