News
·
16 Juni 2021 17:46
·
waktu baca 1 menit

Menko PMK: Vaksin di Pasar Internasional Kini Masuk Bahan Langka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menko PMK: Vaksin di Pasar Internasional Kini Masuk Bahan Langka (237682)
searchPerbesar
Ilustrasi COVID-19. Foto: DADO RUVIC/REUTERS
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan vaksin kini menjadi bahan langka di pasar internasional. Dengan demikian, menurut dia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sedang berupaya untuk membuat komitmen baru dengan pihak terkait.
ADVERTISEMENT
"Vaksin ini di pasar internasional sudah termasuk bahan langka karena itu Pak Menkes sedang membangun komitmen baru supaya bagaimana vaksin untuk kita bisa terjamin," kata dia di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak, Kota Bandung, Rabu (16/6).
Muhadjir tak menyebut secara rinci jenis vaksin yang dinilai langka di pasar internasional. Akan tetapi, dia memastikan, apabila vaksin sudah tersedia dan terjamin mutunya bakal segera disalurkan untuk digunakan oleh masyarakat. Adapun kini, target utama vaksinasi ialah para lansia.
"Sasaran utamanya sekarang adalah lansia," ucap dia.
Muhadjir menyebut, lansia diutamakan divaksinasi usai tenaga kesehatan. Kini, pemerintah sedang berupaya untuk mempercepat vaksinasi lansia dan diharapkan dapat segera rampung bersamaan dengan pelayan publik.
"Lansia kan memang yang diprioritaskan setelah nakes selesai kemudian pelayan publik bersamaan dengan lansia dan sekarang memang sedang kita percepat untuk lansia," pungkas dia.
ADVERTISEMENT