kumparan
23 Mei 2019 20:06

Menkominfo: Pembatasan Medsos Dibuka Jika Kondusif, Saya Pun Terdampak

Menkominfo, Rudiantara, KPU
Menkominfo Rudiantara saat menjawab pertanyaan wartawan di KPU, Jakarta, Sabtu, (20/4). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Menkominfo Rudiantara belum bisa memastikan kapan pembatasan akses sejumlah fitur di aplikasi pesan instan dan media sosial berlangsung. Rudiantara mengaku masih menunggu situasi dan kondisi pascapemilu kondusif.
ADVERTISEMENT
“Yang bisa menyatakan suasana kondusif atau tidak tentu dari pihak keamanan, ya. Dari sisi intelijen, dari sisi Polri dari sisi TNI utamanya,” ujar Rudiantara saat ditemui di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).
Sejauh ini, ia menilai pembatasan tersebut efektif menangkal penyebaran hoaks. Pembatasan dilakukan pada proses upload dan download foto serta video di WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga Line, menyusul kerusuhan pada 21-22 Mei kemarin.
“Kalau sudah kondusif kita akan buka, akan fungsikan kembali fitur-fitur karena saya sendiri pun merasakan dampak yang saya buat sendiri,” tutur Rudiantara.
Pada 21-22 Mei lalu, lini media sosial diramaikan dengan keluhan warganet yang sulit mengakses internet. Linimasa Instagram dan Facebook tidak bisa me-refresh otomatis setiap kali aplikasi dibuka.
ADVERTISEMENT
Hanya muncul ikon loading yang terus berputar jika ia di-refresh secara manual. Sementara di WhatsApp, banyak yang mengeluh kesulitan mengirim foto, video, juga teks.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan