News
·
4 Mei 2021 18:15

Menlu Filipina: China, Kawanku, Enyah Kalian!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menlu Filipina: China, Kawanku, Enyah Kalian! (299350)
searchPerbesar
Kapal Militer Filipina. Foto: Shutter Stock
Menlu Filipina, Teodoro Locsin Jr, menumpahkan kemarahan kepada China. Sumpah serapah keluar dari mulut diplomat top tersebut.
ADVERTISEMENT
"China, kawanku, seberapa sopan aku bisa mengatakannya, coba saya lihat, enyah kalian," kata Locsin Jr dalam twitternya seperti dikutip dari Al-Jazeera.
Pernyataan Locsin Jr terkait sengketa Laut China Selatan antara dua negara itu. Perang kata-kata antara Beijing dan Manila semakin intens terjadi.
Bahkan setelah mengeluarkan twit itu, Locsin Jr malah mengeluarkan pernyataan lanjutan sehari sesudahnya.
Menlu Filipina: China, Kawanku, Enyah Kalian! (299351)
searchPerbesar
Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin. Foto: Javier Lizon/AFP/POOL
"Jika (Menlu China) Wang Yi mengikuti twitter, lalu saya meminta maaf karena melukai perasaannya, tapi hanya untuk dirinya," kata dia.
Perselisihan antara China dan Filipina di Laut China Selatan mulai berkobar pada Maret 2021. Laut China Selatan merupakan perairan kaya sumber daya yang sebagian besar wilayahnya diklaim Tiongkok.
Pada Maret lalu, kemarahan Filipina memuncak setelah ratusan kapal China masuk ke ZEE Filipina di Laut China Selatan. Sampai saat ini China tak mengakui ZEE Filipina.
ADVERTISEMENT
Filipina telah meminta kapal-kapal China angkat kaki dari ZEE mereka. China menolak permintaan Filipina. Tak tinggal diam, Filipina meningkatkan patroli di ZEE yang dimasuki kapal China.