News
·
13 Januari 2021 17:25

Menlu Retno ke Menlu China: Indonesia Akan Bangun Industri Obat yang Mandiri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menlu Retno ke Menlu China: Indonesia Akan Bangun Industri Obat yang Mandiri (125113)
searchPerbesar
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi disela-sela Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN ke-52 di Bangkok, Thailand. Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri Indonesia
Menlu Retno Marsudi pada Rabu (13/1/2021) bertemu dengan Menlu China Wang Yi. Masalah kesehatan di masa pandemi dibahas kedua diplomat tersebut.
ADVERTISEMENT
Retno mengatakan, Indonesia dan China sejak pandemi virus corona terjadi pada 2020 lalu sudah bekerja sama erat. Kerja sama ditunjukkan dengan penyediaan beberapa alat medis dan vaksin China.
"Dari sisi bilateral, sejak awal pandemi, kita telah melakukan kerja sama dengan berbagai negara, termasuk dengan RRT (China), baik di bidang penyediaan alat diagnostik, teurapatik, dan vaksin," ucap Retno pada konferensi pers virtual.
Kepada Wang Yi, Retno memastikan Indonesia di masa depan akan membangun industri kesehatan yang mandiri.
"Ke depan, saya menyampaikan kepada State Councillor Wang Yi, rencana Indonesia untuk membangun ketahanan kesehatan nasional, antara lain, melalui kemandirian industri obat, bahan baku obat, dan alat kesehatan," tegas Retno.
ADVERTISEMENT
Pertemuan Retno dan Wang Yi bertepatan dengan hari vaksinasi pertama di Indonesia. Untuk vaksinasi tahap awal Indonesia menggunakan vaksin corona buatan China, CoronaVac dari Sinovac Biotech Ltd.
Presiden Jokowi, Menkes Budi Gunadi Sadikin, beberapa tokoh agama dan public figure menjadi penerima awal suntikan vaksin.
Selain vaksin China, Indonesia juga akan memakai vaksin corona lain. Di samping itu, Indonesia turut menyiapkan vaksin corona lokal vaksin Merah Putih yang bisa dipakai pada 2022 mendatang.