News
·
4 Agustus 2021 11:29
·
waktu baca 3 menit

Menlu Retno Lobi AS untuk Kerja Sama Pengembangan Vaksin mRNA

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menlu Retno Lobi AS untuk Kerja Sama Pengembangan Vaksin mRNA (50359)
searchPerbesar
Menlu AS Antony Blinken bersama Menlu RI Retno Marsudi usai pertemuan bilateral di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, Selasa (3/8). Foto: Jose Luis Magana/Pool via REUTERS
Indonesia mengajak Amerika Serikat kerja sama pengembangan vaksin COVID-19. Hal itu dibahas saat Menlu Retno Marsudi bertemu Menlu AS Anthony Blinken.
ADVERTISEMENT
Pertemuan kedua diplomat itu berlangsung di ibu kota AS, Washington DC, pada Selasa (3/8/2021). Retno merupakan Menlu ASEAN pertama yang diterima Blinken di Washington DC.
Pada pertemuan dialog strategis itu dibahas secara detail mengenai komitmen penguatan kerja sama AS-RI di bidang kesehatan. Selama pandemi COVID-19 AS telah memberikan delapan juta dosis vaksin COVID-19 Moderna kepada Indonesia lewat COVAX Facility.
Menlu Retno Lobi AS untuk Kerja Sama Pengembangan Vaksin mRNA (50360)
searchPerbesar
Menlu RI Retno Marsudi usai pertemuan bilateral dengan Menlu AS Antony Blinken di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, Selasa (3/8). Foto: Jose Luis Magana/Pool via REUTERS
Selain itu, AS juga memastikan akan memberikan bantuan tambahan bagi penanganan corona di Indonesia. Donasi yang akan diberikan mencapai USD 30 juta atau setara Rp 430 miliar.
Saat bertemu Blinken, Retno langsung menjajaki kemungkinan perluasan kerja sama kesehatan. Salah satu bidang yang diincar Indonesia adalah kerja sama penyediaan obat-obatan penanganan COVID-19.
ADVERTISEMENT
Retno juga menginginkan di masa mendatang AS dan Indonesia dapat bekerja sama untuk mengembangkan vaksin teknologi mRNA.
Menlu Retno Lobi AS untuk Kerja Sama Pengembangan Vaksin mRNA (50361)
searchPerbesar
Menlu AS Antony Blinken mendengarkan Menlu RI Retno Marsudi usai pertemuan bilateral di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, Selasa (3/8). Foto: Jose Luis Magana/Pool via REUTERS
“Upaya kerja sama jangka panjang penting dalam upaya mengurangi kesenjangan akses global terhadap vaksin dan obat-obatan Covid-19 serta mengantisipasi potensi terjadinya pandemi di masa yang akan datang," ujar Retno seperti dikutip dalam situs kemlu.go.id.
AS dikenal sebagai negara yang mengembangkan vaksin teknologi mRNA. Beberapa vaksin COVID-19 yang memakai teknologi tersebut adalah Pfizer dan Moderna.
Vaksin mRNA adalah vaksin yang tidak memasukkan virus yang dilemahkan atau tidak aktif ke dalam tubuh. Vaksin berbasis mRNA setelah disuntikkan akan mengajari sel kita membentuk protein yang akan memicu imun tubuh.
Dibanding vaksin-vaksin berbasis virus dilemahkan, efikasi vaksin berbasis mRNA disebut-sebut lebih tinggi.
ADVERTISEMENT

Menlu Bertemu CEO Arcturus Therapeutics

Dalam kunjungannya ke AS, Menlu Retno Marsudi juga sempat bertemu dengan Presiden dan CEO Arcturus Therapeutics, sebuah perusahaan bioteknologi, untuk menjajaki kerja sama vaksin mRNA.
Hal ini terungkap dalam unggahan Retno di Twitter.
Arcturus Therapeutics fokus mengembangkan terapi pengobatan komersial untuk penyakit langka dan penyakit menular dengan memanfaatkan platform RNA.
Platform RNA mereka disebut LUNAR, yaitu sistem pengiriman lipid-enabled eksklusif untuk obat-obatan asam nukleat termasuk RNA pengganggu kecil (siRNA), messenger RNA (mRNA), RNA pengeditan gen, DNA, oligonukleotida antisense ( ASO), dan microRNA.
Arcturus Therapeutics didirikan pada 2013 oleh Joseph Payne dan Dr. Pad Chivukula serta berkantor pusat di San Diego, California.

Pertemuan Dialog Strategis Pertama

Pada bagian lain Kemlu RI menjelaskan, kunjungan Menlu Retno ke AS dalam rangka pertemuan pertama Dialog Strategis (1st Meeting of Strategic Dialogue) dengan Menlu Blinken di Washington DC, 3 Agustus, 2021.
ADVERTISEMENT
Penyelenggaraan Pertemuan Dialog Strategis merupakan sejarah baru dalam hubungan bilateral Indonesia-AS dan merefleksikan komitmen dua negara untuk memperkuat hubungan bilateral. Indonesia dan AS telah memiliki Kemitraan Strategis pada tahun 2015.
Dalam Dialog Strategis dibahas secara lebih detail komitmen kedua negara dalam memperkuat hubungan. Kerja sama kesehatan merupakan salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020