kumparan
25 Jun 2018 11:24 WIB

Menlu Retno Ucapkan Selamat atas Suksesnya Pemilu Turki

Menlu RI Retno Marsudi. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Pemilu Turki yang digelar pada Minggu (24/6) kembali dimenangkan Recep Tayyip Erdogan. Dengan kemenangan itu, maka ia kembali akan memimpin Turki selama lima tahun ke depan.
ADVERTISEMENT
Pemerintah Indonesia mengapresiasi pemilu di Turki yang berlangsung dengan sukses. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengucapkan selamat atas suksesnya pemilu di sana dengan menelepon Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, sesaat setelah Erdogan dinyatakan menang.
"Saya sudah menelpon Menlu Turki langsung dan mengucapkan selamat atas suksesnya pemilu di sana," kata Retno LP Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/6).
Ucapan langsung dari Presiden kata Retno, akan segera dipersiapkan.
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Foto: Kayhan Ozer/Presidential Palace/Handout via Reuters)
"(Ucapan selamat dari Presiden) segera akan diatur," lanjut dia.
Dari hasil pemilu, Recep Tayyip Erdogan memenangi pemilu presiden Turki dengan total raihan 52,5 persen suara dalam penghitungan suara yang telah mencapai 99 persen.
Sementara saingan utamanya Muharrem Ince, dari Partai Rakyat Republik (CHP) memperoleh suara sebesar 31,7 persen suara.
ADVERTISEMENT
Dengan kemenangan lebih dari 50 persen, Erdogan akan memangku jabatan presiden tanpa harus melanjutkan ke pemilu putaran kedua. Erdogan juga mengumumkan kemenangan partainya, AKP, yang berkoalisi dengan Partai Gerakan Nasionalis (MHP).
AKP mendapatkan 293 kursi sementara MHP 50 kursi dari total 600 kursi di parlemen. Dengan jumlah perolehan kursi ini, koalisi Erdogan mendapatkan suara mayoritas di parlemen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan