News
·
9 Februari 2021 15:13

Menristek Hibahkan Satu Unit GeNose untuk Kemenparekraf, Sandiaga Sambut Positif

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menristek Hibahkan Satu Unit GeNose untuk Kemenparekraf, Sandiaga Sambut Positif (181909)
Serah terima GeNose dari Menristek Bambang Brodjonegoro ke Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Dok. Istimewa
Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menyerahkan satu alat GeNose ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Penyerahan alat skrining hasil karya peneliti UGM dilakukan di Gedung Sapta Pesona dan diterima langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Bambang mengatakan, mesin Genose dapat digunakan oleh para karyawan Kemenparekraf yang masuk bekerja dari kantor. Mereka bisa diskrining dengan GeNose apakah terdeteksi terinfeksi COVID-19 atau tidak.
"Kami bermaksud menghibahkan satu alat GeNose. Mungkin awalnya Pak Sandi bisa dipakai untuk teman-teman di Parekraf, paling tidak di gedung inilah," kata Bambang dalam acara penyerahan GeNose di Gedung Sapta Pesona, Selasa (9/2).
Bambang menjelaskan, skrining dengan GeNose bisa dilakukan setiap hari. Caranya pun lebih mudah ketimbang rapid antigen ataupun rapid antibodi.
Menristek Hibahkan Satu Unit GeNose untuk Kemenparekraf, Sandiaga Sambut Positif (181910)
Serah terima GeNose dari Menristek Bambang Brodjonegoro ke Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Dok. Istimewa
Karyawan hanya perlu mengembuskan napas ke dalam tabung plastik yang disediakan petugas. Nantinya, sampel hembusan napas itu akan diteliti oleh mesin GeNose, yang berbasis artificial intelligence untuk diketahui hasilnya positif corona atau tidak.
ADVERTISEMENT
"Dipastikan yang masuk kantor dan kerja hanya yang negatif sehingga paling tidak bagi yang masuk menimbulkan rasa lebih tenang. Bahwa saya bekerja di sekitar saya dengan orang-orang yang paling tidak dengan GeNose itu sudah negatif," jelas Bambang.
Mendapat hibah satu mesin GeNose, Sandi menyambutnya dengan antusias. Ia berharap mesin ini dapat bantu mendeteksi karyawannya jika ada yang terpapar COVID-19.
Menristek Hibahkan Satu Unit GeNose untuk Kemenparekraf, Sandiaga Sambut Positif (181911)
Serah terima GeNose dari Menristek Bambang Brodjonegoro ke Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Dok. Istimewa
"Ini kita ada 6 PTNP (Perguruan Tinggi Nasional Pariwisata) dan ada 3 badan otorital. Dan semua satuan kerja di lingkungan yang akan kita pastikan gunakan GeNose," tegas Sandi.
Selain itu, Sandi juga berharap GeNose dapat segera dipesan oleh pengusaha di sektor pariwisata. Sehingga, kegiatan pariwisata bisa kembali menggeliat dan tetap aman dari penularan corona.
ADVERTISEMENT
"Hari ini saya bahagia sekali karena kita diserahkan satu unit. Dan kita berharap ini adalah langkah yang akan diikuti dengan begitu banyak gelombang destinasi wisata dan juga tempat-tempat hotel restoran yang bisa memesan. Karena hitungan kami puluhan ribu atau ratusan ribu yang bisa memesan. Karena tentunya ini adalah bagian dari proses fungsi yang multi purpose," tutup Sandi.
Dalam acara serah terima itu juga dilakukan uji coba penggunaan GeNose terhadap lima pegawai Kemenparekraf. Kelimanya dinyatakan negatif COVID-19 oleh mesin tersebut.