kumparan
25 April 2018 15:37

Mewujudkan Mimpi Bersama Andrew Ryan Lewat 'The Trigger To Everything'

Launching Buku Andrew Ryan Samuel
Launching Buku Andrew Ryan Samuel (Foto: Soejono Eben Ezer Saragih/kumparan)
Langkah penulis remaja yang masih berusia 16 tahun Andrew Ryan Samuel ini patut diacungi jempol. Biasanya, remaja di usianya menyibukkan diri dengan kegiatan sekolah dan ekstrakulikuler, Andrew justru memilih untuk menulis buku berjudul 'The Trigger To Everything'.
ADVERTISEMENT
Apa yang Andrew tulis sebenarnya tak lazim untuk anak seusianya. Ia menuliskan bagaimana seseorang bisa merencanakan, mengembangkan dan berusaha keras agar mimpi-mimpi mereka terwujud.
Hebatnya buku yang baru saja diluncurkan pada Jumat (20/4) ini merupakan karya tulis perdana Andrew dalam versi bahasa Inggris. Karyanya ini merupakan salah satu koleksi bacaan berbahasa inggris yang ditulis penulis Indonesia. Luar biasa bukan?
Remaja yang baru berulang tahun yang ke 16 tahun pada bulan Maret kemarin ini pun mengaku bakat menulisnya tersebut sudah muncul sejak ia berusia 7 tahun.
Launching Buku Andrew Ryan Samuel
Launching Buku Andrew Ryan Samuel (Foto: Soejono Eben Ezer Saragih/kumparan)
"Saya dulu sejak berusia 7 tahun terbiasa menulis mulai dari mencoret-coret kertas yang kalau dikumpulkan bisa lebih dari satu pohon. Dari situ saya menyadari potensi menulis ini dan terus mengembangkannya. Saya percaya diri untuk melakukannya," ujar Andrew di Kinokuniya Books, Plaza Senayan, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Andrew memilih menggunakan Bahasa Inggris dalam buku perdananya ini tak lain agar buku tersebut dengan cepat menembus pasar buku internasional. Lewat buku, ABG yang masih duduk di kelas 1 SMA ini mengaku kelak ingin menjadi motivator yang andal.
"Saya merupakan pengagum penulis John C Maxwell. Nantinya setelah acara launching ini saya akan melakukan roadshow ke lima kota besar di Indonesia dan sekolah- sekolah untuk memberi motivasi dan inspirasi kepada mereka menggapai mimpinya," ujar Andrew.
Dalam membuat buku ini Andrew mengaku membutuhkan waktu selama satu setengah tahun tanpa didampingi oleh penulis atau motivator yang sudah punya pengalaman. Ia hanya memanfaatkan seluruh sahabatnya untuk obyek penelitian yang ia tujukan dalam membuat bukunya.
ADVERTISEMENT
Buku setebal 136 halaman ini juga memiliki desain dengan sampul hitam bergambarkan lidah api dari sebatang korek, yang menggambarkan betapa dahsyatnya seseorang jika memiliki kepercayaan diri daam dirinya untuk menggapai mimpi dan harapannya.
"Karena api ini sangat kuat, satu korek api itu bisa bakar satu juta pohon bisa bakar berapa luas lahan, api itu sangat kuat dan believe Anda sangat kuat. Maka saya anjurkan memiliki api di dada Anda sendiri," tambah Andrew.
Launching Buku Andrew Ryan Samuel
Launching Buku Andrew Ryan Samuel (Foto: Soejono Eben Ezer Saragih/kumparan)
Buku ini nantinya akan resmi diedarkan di toko buku per tanggal 30 April nanti seharga Rp.93.000. Namun Andrew menambahkan seluruh pendapatan dari penjualan buku ini akan didonasikan kepada sebuah yayasan Saab Shares.
"Seluruh income dari penghasilan buku saya ini saya akan berikan kepada yayasan Saab Shares milik Sabrina dan Elena karena dari dulu mereka sudah menginspirasi saya banyak hal untuk bertindak sebagai anak muda yang peduli dengan sesama," ujar Andrew.
ADVERTISEMENT
Dengan peluncuran buku tersebut, Andrew berharapa para remaja di Indonesia mampu mengambil peran dalam memajukan Indonesia dan bersaing dengan dunia Internasional.
"100% Head dan 100% heart bukan hanya logika yang penting tapi hati berperan penting untuk sukses," pesan Andrew
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan