News
·
22 Oktober 2020 2:30

Mike Pompeo Akan Bahas soal China Saat Kunjungi India, Sri Lanka, dan Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mike Pompeo Akan Bahas soal China Saat Kunjungi India, Sri Lanka, dan Indonesia (361393)
Menlu AS Mike Pompeo Foto: REUTERS/Carlos Barria
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan berkunjung ke India, Sri Lanka, Maldives, dan Indonesia minggu depan.
ADVERTISEMENT
Dilansir AFP, Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark Esper terlebih dahulu akan mengunjungi New Delhi awal minggu depan untuk berdialog dengan sejumlah rekan dari India, yang hubungannya dengan China memburuk karena pemberontakan mematikan di perbatasan. Setelah India, keduanya akan melanjutkan perjalanan ke Sri Lanka, Maldives, dan Indonesia.
Dalam kunjungan itu, Pompeo secara khusus akan mengangkat isu terkait China.
"Saya yakin pertemuan tersebut juga akan membahas soal bagaimana negara-negara bebas dapat bekerja bersama untuk menggagalkan ancaman yang ditimbulkan oleh Partai Komunis China," kata Pompeo kepada wartawan, Rabu (21/10).
Saat ditanya terkait kunjungannya ke Jakarta, Pompeo mengatakan: "saya tahu orang Indonesia memiliki keinginan yang sama bahwa ada Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".
Ia menyebut bahwa negara-negara Asia Tenggara ingin meyakinkan "hak-hak dasar mereka -- hak maritim, hak kedaulatan, kemampuan mereka untuk melakukan bisnis dengan cara yang mereka inginkan di dalam negara mereka (yang) terus diancam oleh Partai Komunis China".
ADVERTISEMENT
Pompeo selama ini memperjuangkan garis keras terhadap China atas berbagai isu, mulai dari perdagangan, keamanan, hingga pandemi COVID-19. Pada Juli lalu, AS menyebut klaim Beijing atas Laut China Selatan yang sarat sengketa sebagai tindakan ilegal.
Di sisi lain, Sri Lanka dan Maldives telah menjadi pusat utama belanja infrastruktur oleh China, yang membuat AS dan India khawatir.
Saudara Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, mantan Presiden Mahinda Rajapaksa, meminjam miliaran dolar dari China untuk sejumlah proyek termasuk pelabuhan, jalan raya dan kereta api, dan beberapa di antaranya berakhir sebagai gajah putih yang meninggalkan pulau itu dengan meninggalkan banyak utang.
Pompeo yang merupakan penganut Kristen evangelis yang sering mengangkat isu kebebasan beragama, tahun lalu tiba-tiba membatalkan perjalanannya ke Sri Lanka setelah serangan di situs-situs Kristen yang terjadi pada Minggu Paskah, dan menewaskan 269 orang.
ADVERTISEMENT