kumparan
18 Februari 2020 20:16

MRT Bundaran HI-Kota Dibangun Mulai Maret, Pemprov Siapkan Skenario Cegah Macet

PTR- Shelter Ojol di Stasiun MRT
Suasana di Shelter ojol Stasiun MRT Lebak Bulus. Foto: Andesta Herli Wijaya/ kumparan
Pembangunan MRT Fase 2 akan dimulai Maret 2020 dari Bundaran HI-Kota. Dalam Fase 2A ini, akan ada sejumlah stasiun baru yang dibangun, yaitu di Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.
ADVERTISEMENT
Menurut Kadishub DKI Syafrin Liputo, Jalan Gajah Mada, akan ditutup sementara selama masa pembangunan tersebut. Untuk mengurai lalu lintas yang mungkin tersendat, pihaknya akan membangun deck atau jalan sementara di atas Sungai Ciliwung yang berada di antara Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.
"Nah kemudian, gimana agar tidak terjadi hambatan terhadap traffic, maka di atas sekali akan didirikan deck untuk traffic. Di atas sekali, traffic akan di sana. Sementara di sisi Jalan Gajah Mada, akan ada pekerjaan (MRT)," ucap Syafrin di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (18/2).
Anies Baswedan, Integrasi CSW TransJakarta dan Halte MRT
MRT melintas di Stasiun MRT Asean, Jakarta (22/1/2020). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Ia memastikan, ruas Jalan Hayam Wuruk akan tetap beroperasi seperti biasa. Sedangkan untuk di Jalan Gajah Mada, kendaraan bisa melintas di deck yang dibangun di atas Sungai Ciliwung.
ADVERTISEMENT
"Hanya selama konstruksi, setelah proyek selesai, dikembalikan semua," tegasnya.
Sedangkan untuk wilayah Sarinah, Thamrin, hingga Monas dan Istana, menurut Syafrin, akan ada rekayasa lalu lintas tersendiri untuk menghindari kemacetan. Salah satunya adalah dengan menghindari bottle neck dalam pergerakan arus kendaraan, seperti yang terjadi pada pembangunan MRT Fase 1.
"Fase 1 itu ada beberapa ruas yang bottle neck di beberapa titik di Jalan Sudirman, apalagi kalau pekerjaan ini di Fatmawati. Ini mulai MH Thamrin, lalu masuk ke Medan Merdeka, Majapahit, itu akan kita jaga untuk selanjutnya," tutupnya.
Adapun Fase 2A dibagi menjadi tiga lingkup, yaitu CP201 membentang dari Thamrin ke Monas, ada CP202 yaitu Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar. Sementara di CP203, dari Glodok dan Kota. Sedangkan Fase 2B bakal dilanjutkan pembangunannya dari Kota ke Ancol Barat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan