kumparan
4 Jun 2019 13:14 WIB

MRT Tetap Beroperasi Normal saat Lebaran

Suasana di dalam Stasiun MRT Bunadaran HI. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Selama perayaan Idul Fitri 1440 H, MRT Jakarta tetap beroperasi seperti biasanya. Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhamad Kamaludin, mengatakan waktu operasi MRT tetap normal dari pukul 05.00-00.00 WIB untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Kami tetap membuka MRT sesuai dengan jadwal, buka hingga jam 12 malam. Hari lebaran juga sama, jam 5 pagi-12 malam. Operasinya normal, waktu tunggunya 10 menit," kata Kamaludin kepada wartawan, Selasa (4/6).
Kamaludin menuturkan, sejauh ini terjadi lonjakan penumpang MRT selama libur lebaran 2019. Menurutnya, terdapat peningkatan penumpang sebanyak 20 ribu penumpang dibandingkan dengan jumlah penumpang pada akhir pekan.
"Animonya naik, di atas rata-rata akhir pekan. Biasanya sekitar 40 ribuan saja akhir pekan bulan puasa. Tapi sekarang cukup tinggi di atas 60 ribuan. Untuk hitungan liburan sudah cukup tinggi," ucap dia.
Seorang penumpang berjalan di dalam Stasiun MRT Bunadaran HI. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Meski begitu, Kamaludin menuturkan pihaknya tak akan menambah jumlah armada MRT yang beroperasi.
"Kalau frekuensi sudah cukup kami melihat karena yang datang juga tidak sekaligus, tidak seperti hari kerja yang ada jam sibuk, jam puncak. Hari libur cenderung merata dalam sehari," kata dia.
ADVERTISEMENT
Untuk pengamanan, ia mengatakan pihak MRT melakukan penjagaan seperti hari biasanya. Pihaknya ingin memastikan suasana tetap kondusif agar mobilisasi MRT tak terganggu.
"Keamanan saja yang kami jaga. Baik dalam stasiun dan sekitar stasiun kami pastikan suasana tetap aman kondusif dan tidak ada gangguan ke MRT Jakarta," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan