kumparan
News23 Mei 2020 13:11

Muhammadiyah Imbau Warga di Zona Hijau Tetap Salat Id di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Bambang Soesatyo, Haedar Nashir, PP Muhammadiyah
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat bertemu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, kembali mengingatkan masyarakat agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja. Imbauan itu juga berlaku kepada masyarakat yang berada di zona hijau corona.
ADVERTISEMENT
"Sementara bagi yang tidak menunaikan tidaklah menjadi dosa atau terkena ancaman agama karena salat Idul Fitri ibadah sunah," kata Haedar dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Sabtu (23/5).
"Memang status zona hijau menunjukkan daerah yang tidak memiliki kasus terkonfirmasi, atau tanpa ada pelancong yang terinfeksi atau datang dari zona merah. Namun setelah ada transmisi lokal dan orang tanpa gejala (OTG), maka semuanya harus waspada dan seksama," kata Haedar.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Lanjutnya, zona hijau bukan berarti masyarakat bisa abai. Namun tetap ada mekanisme pencegahan yang harus dilakukan.
Misalnya tetap meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya wabah virus corona. Lalu juga menerapkan protokol pencegahan penularan penyakit seperti physical distancing, social distancing, dan kebersihan fisik.
ADVERTISEMENT
"Belum dipastikan seberapa jauh pemeriksaan dilakukan secara masif di zona yang disebut hijau itu sehingga menggambarkan fakta yang sesungguhnya dari penyebaran wabah Corona," katanya.
Kepada warga masyarakat terutama warga Muhammadiyah, Haedar meminta agar menaati serta mengikuti kebijakan dan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Bahwa sebaiknya tidak melaksanakan salat Id baik di lapangan, masjid tempat maupun tempat berkerumun lainnya. Hal itu dilakukan untuk memutus rantai penularan.
--------------------------
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
**********
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan