News31 Juli 2020 15:08

Mulai 1 Agustus, KRL Tambah 5 Perjalanan Rute Rangkasbitung-Tanah Abang

Konten Redaksi kumparan
Mulai 1 Agustus, KRL Tambah 5 Perjalanan Rute Rangkasbitung-Tanah Abang (8697)
Penumpang KRL terlihat berdiri di balik pintu saat PSBB transisi di Jakarta. Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) kembali menambah perjalanan KRL mulai 1 Agustus 2020. Penambahan perjalanan ini sebagai upaya memaksimalkan jaga jarak aman bagi pengguna KRL di tengah pandemi corona.
ADVERTISEMENT
"Penambahan ini juga diharapkan dapat mengakomodir penambahan jumlah pengguna yang terjadi setiap pekannya pada periode PSBB Transisi ini," ujar VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangannya, Jumat (31/7).
Lima perjalanan KRL yang ditambah adalah relasi Rangkasbitung-Tanah Abang PP. Tambahan perjalanan terdiri dari:
Mulai 1 Agustus, KRL Tambah 5 Perjalanan Rute Rangkasbitung-Tanah Abang (8698)
Penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang, Selasa (9/6). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
1. KLB Parungpanjang-Tigaraksa berangkat 03:05 WIB
2. KLB Tigaraksa-Tanah Abang berangkat 04:15 WIB,
3. KA 1920 Tanah Abang-Rangkasbitung berangkat 05:45 WIB,
4. KA 1973 Rangkasbitung-Tanah Abang berangkat 08:00 WIB,
5. KLB Tanah Abang-Parungpanjang berangkat 10:05 WIB.
Dengan tambahan lima perjalanan ini, maka per 1 Agustus 2020 total jumlah perjalanan yang dioperasikan PT KCI mencapai 971 perjalanan setiap harinya.
Anne memastikan pelayanan KCI selama masa pandemi corona akan terus mengedepankan protokol kesehatan ketat. Pengguna KRL sejak masuk stasiun akan melewati pengecekan suhu tubuh, wajib mengenakan masker, dan mencuci tangan sebelum serta sesudah menggunakan KRL.
Mulai 1 Agustus, KRL Tambah 5 Perjalanan Rute Rangkasbitung-Tanah Abang (8699)
Sejumlah penumpang bersiap menaiki rangkaian KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (11/6). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Termasuk juga saat penumpang menunggu di peron, maka petugas akan membantu mengarahkan agar mengantre sesuai marka yang telah ditentukan.
ADVERTISEMENT
"Pembatasan dilakukan menyesuaikan dengan kondisi kepadatan pengguna melalui antrean penyekatan di beberapa zona stasiun sebelum masuk ke peron," jelas Anne.
PT KCI juga telah menetapkan Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut dan Stasiun CIkarang sebagai stasiun khusus Kartu Multi Trip. Sehingga, ketiga stasiun tersebut tak lagi melayani transaksi pembelian dan isi ulang Tiket Harian Berjaminan (THB).
"Mulai Senin 3 Agustus mendatang, ketiga stasiun tersebut sudah resmi menjadi Stasiun Khusus KMT dan berlaku setiap hari kerja. Di Stasiun Khusus KMT, pengguna dapat naik KRL menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank yang telah bekerja sama dengan KCI, dan tiket kode QR Link Aja," tuturnya.
"Penetapan stasiun KMT ini selain mengurai antrean THB, juga untuk meminimalisir risiko penularan COVID-19 dari transaksi dengan uang tunai yang sering berpindah tangan," tutup Anne.
ADVERTISEMENT
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white