News
·
22 April 2021 10:35

Nadiem Sambangi Kantor PBNU Siang ini, Bahas Apa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nadiem Sambangi Kantor PBNU Siang ini, Bahas Apa? (48930)
Mendikbud Nadiem Makarim saat rapat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8). Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA FOTO
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dijadwalkan akan menyambangi Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) siang ini.
ADVERTISEMENT
"Pukul 14.30, Nadiem ke PBNU," ujar Ketua LP Ma'arif PBNU Arifin Junaidi saat dihubungi, Kamis (22/4).
Kendati demikian, Arifin tak menjelaskan apa agenda kedatangan Nadiem ke markas salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia itu.
Belakangan Mendikbud Nadiem memang menuai sorotan. Khususnya karena tak ada nama Pendiri NU Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari dalam kamus sejarah Indonesia yang tengah digodok Kemdikbud. Belakangan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid meminta maaf dan mengakui teledor.
Sekretaris Jenderal DPP PKB Hasanuddin Wahid sebelumnya juga menyatakan protes keras atas tak adanya nama KH Hasim Asy'ari dalam kitab penting sejarah Indonesia versi Kemdikbud itu.
"PKB protes keras karena KH Hasyim Asy'ari enggak tertulis dalam kamus sejarah Indonesia terbitan dari Ditjen Kebudayaan Kemdikbud, sementara Abu Bakar Ba'asyir yang ditahan negara malah ada," ujar Hasanuddin.
ADVERTISEMENT
Hasanuddin yang juga Anggota Komisi X DPR itu menilai aneh pahlawan nasional sekaligus pendiri NU tidak diakui oleh buku terbitan Kemdikbud. Sementara, ada tokoh yang dianggap penyokong radikalisme malah mendapat tempat di kamus sejarah tersebut.
"Ada yang aneh dengan Kemendikbud hari ini," tandas Hasanuddin.