kumparan
16 Juli 2018 15:13

NasDem Jadi Parpol yang Pertama Daftarkan Bacalegnya ke KPU RI

Sekjen Nasdem, Jhonny G Plate, Ketua Bapilu Nasdem, Effendy Choire (Foto: Bens Saragih/kumparan)
Dari 16 parpol peserta pemilu, Partai NasDem menjadi yang pertama mendaftarkan bakal calegnya ke KPU. Berdasarkan pantauan, Sekjen NasDem Johnny G Plate bersama Ketua Bapilu NasDem Effendy Choirie tampak tiba di KPU sekitar pukul 13.55 WIB dan langsung disambut Komisioner KPU Ilham Saputra.
ADVERTISEMENT
"Sebagai info, kami sampaikan NasDem mendaftar di 2.552 dapil seluruh Indonesia dengan caleg 20.391 orang, termasuk 80 dapil untuk DPR RI dengan calon 575 orang," ujar Johnny di lokasi, Senin (16/7).
Ia menambahkan, pihaknya telah memenuhi persyaratan mengajukan bakal caleg berdasarkan Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU tentang Pencalegan, salah satunya adalah soal syarat keterwakilan perempuan.
"Kami memenuhi syarat Undang-Undang Pemilu dengan keterwakilan perempuan 38 persen lebih," tambahnya.
Sekjen Nasdem, Jhonny G Plate, Ketua Bapilu Nasdem, Effendy Choire (Foto: Bens Saragih/kumparan)
"Kami mulai hari ini akan dengan penuh perhatian, kesungguhan hati, akan berkoordinasi dengan KPU di seluruh Indonesia, termasuk KPU RI, apabila perlu ada kelengkapan dokumen yang harus dilengkapi. Namun, yang kami sampaikan hari ini sudah lengkap," pungkasnya.
Selain mendaftarkan ke KPU RI, seluruh partai politik juga harus mendaftar melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) termasuk menginput data-data persyaratan yang dibutuhkan. Caleg didaftarkan di KPU sesuai tingkatan masing-masing.
ADVERTISEMENT
Rencananya, setelah NasDem, sore ini PSI juga akan mendatangi KPU untuk mendaftarkan bacalegnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan