News
·
30 Mei 2020 23:57

New Normal di Banda Aceh Tunggu Arahan Pemprov dan Pusat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
New Normal di Banda Aceh Tunggu Arahan Pemprov dan Pusat (461136)
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
Pemerintah Kota Banda Aceh siap untuk menerapkan new normal. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengatakan kini pihaknya tengah menunggu arahan dari pemerintah provinsi dan pusat.
ADVERTISEMENT
“Terkait dengan kebijakan new normal dalam menghadapi pandemi corona, Pemerintah Kota Banda Aceh menunggu arahan dari pemerintah provinsi dan pusat,” ujar Aminullah di Banda Aceh, Sabtu (30/5).
Meski begitu, Aminullah mengaku Pemkot Banda Aceh tetap mempersiapkan diri menuju new normal dengan menyusun berbagai rencana aksi.
“Mulai dari penyelenggaraan pendidikan, ekonomi seperti pasar dan warung kopi, aktivitas perkantoran, serta sektor-sektor lainnya," ungkap Aminullah.
Sementara itu bertepatan dengan hari terakhir penetapan status tanggap darurat skala provinsi Sabtu (30/5), Aminullah meminta warganya untuk mewaspadai Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menjadi carrier virus corona.
Sebab, satu orang warga kota Banda Aceh terkonfirmasi positif corona meski tidak menunjukkan gejala klinis seperti demam, batuk, atau sesak napas, pada Kamis (28/5) lalu. Kejadian ini merupakan kasus perdana OTG positif COVID-19 di Banda Aceh.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi per Jumat (29/5), di Banda Aceh tercatat tiga warga positif corona, dengan rincian dua telah sembuh dan satunya lagi masih dirawat.
"OTG ini tidak terdeteksi dan bisa saja ia tidak menyadari apa pun, kecuali diuji medis baik rapid test maupun swab. Oleh karenanya kita harus lebih waspada terutama terhadap orang yang baru saja pulang dari luar kota,” ungkap Aminullah.
OTG yang terpapar virus corona tersebut berinisial I (35), warga Lamteumen Timur, ia terpapar virus usai pulang dari Medan, Sumatera Utara. Kini pasien tersebut sedang dirawat di Ruang Respiratory Intensive Curative Unit (RICU) RSUZA Banda Aceh.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT