News
·
14 April 2021 11:59

Okupansi Isolasi Repatriasi dari Luar Negeri di Wisma Atlet Pademangan Capai 90%

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Okupansi Isolasi Repatriasi dari Luar Negeri di Wisma Atlet Pademangan Capai 90% (367006)
Foto aerial suasana Wisma Atlet Pademangan di Jakarta, Minggu (27/9). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Satgas Penanganan COVID-19 telah menyiapkan tower khusus Wisma Atlet Pademangan bagi repatriasi asal Indonesia dari luar negeri. Tower khusus ini digunakan sebagai tempat isolasi guna memastikan tak ada penularan corona di Indonesia dari imported case.
ADVERTISEMENT
Kepala Staf Kodam Jaya/Jayakarta (Kasdam Jaya), Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, mengatakan, dari dua tower yang disiapkan (Tower 8 dan 9), tingkat keterisiannya sudah cukup padat, yakni 90 persen.
"Pagi ini saya melakukan pengecekan kesiapan Wisma Pademangan sebagai tempat dari karantina atau isolasi dari repatriasi yang datang dari luar negeri, alhamdulillah kondisi memang saat ini keterpakaian hunian itu sampai dengan 90 persen," ujar Saleh kepada wartawan, Rabu (14/4).
Okupansi Isolasi Repatriasi dari Luar Negeri di Wisma Atlet Pademangan Capai 90% (367007)
Foto aerial suasana Wisma Atlet Pademangan di Jakarta, Minggu (27/9). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Untuk mengantisipasi penuhnya fasilitas Wisma Atlet Pademangan, Saleh menyebut pemerintah mengupayakan penyediaan fasilitas isolasi lain di sejumlah hotel.
"Memang ada lokasi untuk PMI (pekerja migran Indonesia), khususnya dari luar negeri ini ada yang dikoordinir langsung oleh pemerintah itu adanya di Pademangan sini dan ada yang berbayar sendiri yaitu di hotel-hotel isolasi yang disiapkan," ucap Saleh.
ADVERTISEMENT
"Ada 40 hotel yang direct booking langsung dari luar negeri," lanjut dia.

Berbagai Fasilitas Disiapkan

Saleh mengatakan, berbagai fasilitas penunjang telah dipersiapkan di dua tower Wisma Pademangan. Seperti lift yang dibedakan agar tak ada kontak erat antara pasien dengan pihak lainnya.
Okupansi Isolasi Repatriasi dari Luar Negeri di Wisma Atlet Pademangan Capai 90% (367008)
Sejumlah WNI yg kembali dari Luar Negeri menjalani protokol kesehatan di Bandara Soetta. Foto: Dok. Angkasa Pura II
Kemudian, ada fasilitas internet yang bisa dipakai pasien untuk menambah hiburan saat menjalani isolasi.
"Yang perlu kami sampaikan bahwa kesiapan khususnya di Tower 8 dan 9 ini kami titik beratkan pada pertama, fasilitas. Ini sangat diperlukan, khususnya lift kemudian internet, karena memang tempat karantina ini berbeda, mereka tidak boleh keluar dari ruangan," kata Saleh.
"Kita hindari kerumunan sehingga fasilitas lift untuk mobilisasi dari para repatriasi dan logistik ini bisa berlangsung dengan baik tanpa melanggar prokes. Ini yang kita inginkan," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Saleh memastikan pihaknya terus memaksimalkan penanganan pasien yang diisolasi di Wisma Pademangan, sehingga penularan corona dari luar negeri bisa ditekan.
Wisma Atlet memiliki 10 tower. Sebanyak 7 tower berlokasi di Blok D Kemayoran, 3 tower lainnya berada di Blok C Pademangan.