Untitled Image
15 April 2021 13:54

One Minute Dakwah: Ibadah Ramadhan Saat Pandemi, Apa yang Harus Diperhatikan?

One Minute Dakwah: Ibadah Ramadhan Saat Pandemi, Apa yang Harus Diperhatikan? (67387)
One Minute Dakwah bersama Ustaz Hanan Attaki. Dok. kumparan.
Ini kali kedua kita menjalani Ramadhan di tengah pandemi corona. Pandemi yang masih berlangsung membuat semua aktivitas serba dibatasi dan tentu suasananya tak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya —yang biasanya ramai kini terasa sepi.
Namun kabar baiknya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan izin ibadah di masjid seperti buka puasa bersama, salat tarawih berjemaah, tadarus Al-Qur'an, dengan jumlah kehadiran maksimal 50 persen dari kapasitas masjid atau musala.
Surat edaran juga mengatur bahwa kegiatan tersebut harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga jarak antar jamaah minimal 1 meter, dan membawa sajadah atau mukena masing-masing. Namun, ketentuan dalam surat edaran ini tidak berlaku untuk daerah yang masuk zona merah dan oranye.
Menariknya, meski sejumlah kebijakan Ramadhan 2021 dilonggarkan, masih banyak warga yang memilih untuk berkegiatan di rumah. Berdasarkan hasil survei yang dirilis lembaga market research Populix, mayoritas warga masih menahan diri untuk tidak berkegiatan di luar rumah saat Ramadhan, beribadah di rumah, belanja Ramadhan secara online, dan tidak berencana mudik.

Ramadhan di rumah, momen memperkuat diri serta menjaga semua orang yang dicintai

Meski tahun ini kita tidak dapat melakukan ibadah bersama-sama, tentu tidak akan mengurangi makna ibadah puasa. Justru Ramadhan di tengah pandemi yang melanda bisa menjadi momen untuk memperkuat hubungan antar keluarga, serta menjaga diri dan semua orang yang kita cintai dengan lebih ekstra memperhatikan kebersihan.
Ya, saat menjalani Ramadhan di tengah pandemi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diingatkan yakni 3M: mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Tak lupa untuk selalu bersihkan diri dan rumah. Sebab menjaga kebersihan pun merupakan bagian dari iman dan menjadi faktor penting saat beribadah dalam Islam. Tapi bagaimana caranya dan apa saja yang harus diperhatikan?
Berkolaborasi dengan kumparan, Dettol menghadirkan One Minute Dakwah #BersihTerlindungi di bulan suci bersama Ustaz Hanan Attaki yang dapat kamu saksikan melalui sosial media kumparan: Facebook, Twitter, dan Instagram yang akan tayang setiap hari pada pukul 17:00 WIB agar kamu dan keluarga #BersihTerlindungi dan lebih siap jalankan Ibadah Puasa di bulan suci.
Ada 4 topik yang dihadirkan, salah satunya bertajuk “Ibadah di kala pandemi” yang membahas tata cara atau panduan menjaga kebersihan saat beribadah. Yuk tonton videonya di bawah ini! Hanya satu menit setiap hari, kita sudah bisa mendapatkan hidayah yang mendalam tentang makna kebersihan sebagian dari iman.
Untuk memudahkan kamu, pantau terus artikel ini yang akan di update setiap hari oleh tim kumparan agar kamu bisa menyaksikan One Minute Dakwah.

Episode 1

Jadwal tayang: 15 April 2021
Kemenangan Ramadhan untuk Jiwa yang Tenang
“Tantangan yang harus dihadapi umat Muslim selama berpuasa di tengah pandemi dan bagaimana cara agar tetap maksimal menjalankan ibadah.”
-----------------------------------------------------------------------------------

Episode 2

Jadwal tayang: 16 April 2021
Menyambut Puasa dengan Hati yang Bersih
"Bagaimana cara menjaga lisan (tidak ghibah), perbuatan, dan pikiran (tidak suudzon)"
-----------------------------------------------------------------------------------

Episode 3

Jadwal tayang: 17 April 2021
Bersihkan Hati, Bersihkan Diri
“Cerita tentang hal-hal yang disukai Rasul sebelum beribadah dan apa saja anjuran yang perlu dilakukan saat membersihkan badan sebelum beribadah."
-----------------------------------------------------------------------------------

Episode 4

Jadwal tayang: 18 April 2021
Keutamaan Menjalankan Tarawih
“Penjelasan singkat perbedaan ibadah tarawih sebelum dan sesudah pandemi.”
-----------------------------------------------------------------------------------

Episode 5

Jadwal tayang: 19 April 2021
Keindahan yang Disukai Pencipta
“Tata cara menggunakan pakaian yang baik untuk beribadah."
-----------------------------------------------------------------------------------

Episode 6

Jadwal tayang: 20 April 2021
Keutamaan Menjalankan Itikaf
“Cara I'tikaf di Rumah Selama Masa Pandemi Covid 19.”
Artiel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Dettol