kumparan
search-gray
News30 Maret 2019 12:26

Pabrik Meledak Akibat Gas Bocor di China, Lima Pekerja Tewas

Konten Redaksi kumparan
Pabrik Meledak Akibat Gas Bocor di China, Lima Pekerja Tewas (850018)
Ilustrasi ledakan. Foto: Pixabay
Sebuah pabrik perlite, bahan yang digunakan sebagai media tanam, di Kota Qingzhou, Shandong, China meledak dan menewaskan lima pekerja serta tiga lainnya luka-luka. Insiden itu terjadi pada Jumat (29/3) malam.
ADVERTISEMENT
Seluruh korban tewas diketahui merupakan pekerja shift malam dan sedang berada di dalam pabrik saat ledakan itu terjadi. Sementara tiga korban luka-luka lainnya saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.
Pemerintah setempat menyatakan penyebab dari ledakan tersebut adalah kebocoran gas.
“Penyebab kecelakaan itu awalnya ditemukan sebagai kebocoran gas alam, penyebab spesifiknya sedang diselidiki lebih lanjut,” tulis pernyataan resmi pemerintah setempat, dikutip dari AFP, Sabtu (30/3).
Otoritas setempat menahan pejabat pabrik Yongli Perlite Plant itu untuk dimintai keterangan lebih lanjut.
Pabrik meledak di China bukan hal yang baru. Insiden ini terjadi selang seminggu setelah pabrik kimia di kawasan industri Yancheng, Provinsi Jiangsu, meledak dan menewaskan 78 orang serta melukai ratusan lainnya.
ADVERTISEMENT
Ledakan dahsyat di kota timur Yancheng itu tidak hanya menghancurkan beberapa bangunan di kawasan industri itu, tapi juga meledakkan jendela-jendela rumah di sekitarnya.
Ledakan ini mendorong pemerintah China untuk memerintahkan inspeksi nasional terhadap perusahaan atau pabrik-pabrik kimia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white