News
·
10 November 2018 22:14

Pagelaran Wayang di Milad Ke-7 NasDem untuk Lestarikan Budaya Jawa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pagelaran Wayang di Milad Ke-7 NasDem untuk Lestarikan Budaya Jawa (4063)
Jaksa Agung HM Prasetyo dan Ketua DPP NasDem Korwil Jateng Reri Lestari Murdiyat di HUT NasDem. (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
ADVERTISEMENT
Ketua DPW NasDem Jawa Tengah, Setyo Maharso, mengatakan, pertunjukan wayang dipilih sebagai salah satu rangkaian acara HUT partai yang bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa.
"Melestarikan budaya, kebetulan Solo Raya daerah budaya yang masih kental, kalaupun masyarakat dengar, pasti akan datang menikmati wayang. Ini sudah jarang juga," kata Setyo di Gedung Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (10/11).
Pagelaran Wayang di Milad Ke-7 NasDem untuk Lestarikan Budaya Jawa (4064)
Pertunjukan Wayang tradisional Jawa di HUT NasDem ke-7 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (10/11). (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
Dalang pertunjukan wayang dibawakan oleh Ki Warseno Slenk dan Ki Purbo Asmoro. Setyo menjelaskan, cerita wayang bertemakan "Sesaji Rajasuya". ini, juga memuat nilai politis dalam makna 'sesajen' itu sendiri.
"Perjuangan tokoh Pandawa setelah berhasil membuka hutan dan mendirikan negara amarta," jelas Setyo.
Pagelaran Wayang di Milad Ke-7 NasDem untuk Lestarikan Budaya Jawa (4065)
Pertunjukan Wayang tradisional Jawa di HUT NasDem ke-7 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (10/11). (Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan)
"Pesannya, ya, mengajarkan kita semua kalau kita punya energi positif yang bagus maka akan mengalahkan energi negatif sebesar apapun. Termasuk dalam kondisi kekinian juga, kondisi politik," tambahnya.
ADVERTISEMENT
HUT NasDem digelar selama dua hari, yakni pada 10 hingga 11 November 2018. Dijadwalkan pada hari pertama untuk pagelaran pasar restorasi dan pertunjukan wayang, serta hari kedua merupakan malam puncak, dengan pembekalan caleg NasDem se-Jawa Tengah dan se-Yogyakarta.
Turut hadir dalam acara tersebut, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua DPP NasDem Korwil Jateng Reri Lestari Murdiyat dan jajaran fungsionaris NasDem lainnya.