News
·
16 Desember 2020 16:36

PAN: Anggota Legislatif yang Mau Pindah ke Partai Ummat Tak Usah Tunggu 2024

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PAN: Anggota Legislatif yang Mau Pindah ke Partai Ummat Tak Usah Tunggu 2024 (149909)
Wakil Sekjen DPP PAN, Soni Sumarsono. Foto: Dok. PAN
DPP PAN merespons sejumlah kepindahan anggota partai ke Partai Ummat. Salah satunya imbauan pendiri Partai Ummat, Amien Rais, bagi kader PAN di legislatif agar menyelesaikan amanah dulu dan tak buru-buru pindah partai.
ADVERTISEMENT
Merespons itu, Wasekjen PAN, Soni Sumarsono, memberikan peringatan keras. Ia menyarankan agar tak menunggu momentum 2024.
"Jika memang saat ini ada anggota DPRD PAN berkeinginan pindah ke Partai Ummat, DPP PAN menyarankan tidak usah menunggu keluar dari PAN menjelang Pemilu 2024 dengan alasan menghormati pilihan rakyat. Tetapi sekarang saja menyatakan pindah ke Partai Ummat," kata Soni kepada kumparan, Rabu (16/12).
PAN: Anggota Legislatif yang Mau Pindah ke Partai Ummat Tak Usah Tunggu 2024 (149910)
Sejumlah panitia Persiapan Pembentukan Partai Ummat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (15/12). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Soni berpesan kepada anggota legislatif dari PAN agar jangan sampai hidup sebagai wakil rakyat di dalam kepalsuan dan membohongi rakyat. Sebab, Rakyat memilih karena yang bersangkutan caleg dari PAN.
"Kalau anggota DPRD mundur kan ada proses pergantian antar waktu (PAW) sebagaimana diatur di Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Jadi harus jujur, amanah, dan tidak usah takut kalau tidak mendapatkan gaji dan fasilitas sebagai anggota DPRD karena itu konsekuensi dari pilihan politik," papar dia.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, ditegaskan Soni, PAN saat ini fokus dalam melakukan konsolidasi organisasi partai untuk memperkuat manajemen pengelolaan partai sampai ke tingkat desa.
"Di samping itu juga aktif melakukan program kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 serta terus melakukan perkaderan untuk memperkuat basis ideologis kader partai," pungkas Soni.
Sebelumnya, Amien Rais meminta kader PAN yang masih menjabat legislatif harus menyelesaikan dulu amanah rakyat.
"Ya Pak Amien menyampaikan bahwa teman-teman yang sekarang ini menjadi anggota legislatif karena Anda dulu dipilih oleh rakyat, konsentrasi berhikmat mewakili masyarakat. Nanti pada saatnya kalau harus bergabung kita minta bergabung," kata PIC Partai Ummat DIY yang juga mantan Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin, usai acara Persiapan Pembentukan Partai Ummat DIY, Selasa (15/12).
ADVERTISEMENT
Partai Ummat memang kini aktif bergerak menjadi partai politik. Berbagai atribut kepartaian terus dipersiapkan. Teranyar, Kantor DPW PAN Yogyakarta kini berubah menjadi Kantor Partai Ummat setelah pengurusnya bermigrasi.