kumparan
6 Juni 2018 10:00

Panglima TNI: Kami Diamanatkan Bangun Ketenangan Selama Mudik

Apel Operasi Ketupat jelang lebaran 2018
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
TNI terlibat dalam pengamanan mudik Lebaran 2018 yang tergabung dalam Operasi Ketupat. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan, tugas utama TNI membantu Polri dalam menciptakan ketenangan dan keamanan selama mudik.
ADVERTISEMENT
"Teman-teman TNI-Polri sudah mendapat amanat untuk membangun ketenangan dan keamanan agar selama arus mudik dapat berjalan tertib, aman, dan lancar. Kepercayaan itu buah dedikasi dan pengabdian tanpa lelah," kata Hadi saat apel kesiapan pasukan Operasi Terpusat Ketupat 2018 di Monas, Jakarta, Rabu (6/6).
Apel Operasi Ketupat jelang lebaran 2018
Petugas gelar Apel Operasi Ketupat lebaran 2018. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Selain itu, tugas berat yang harus dihadapi petugas keamanan, yakni pengamanan Pilkada Serentak dan tahapan Pilpres. Jarak antara arus balik Lebaran dengan Pilkada Serentak yang cukup dekat membuat pola pengamanan butuh disesuaikan dengan cepat.
"Ada beberapa perbedaan tugas dalam tugas ini. Juga bersamaan dengan kegiatan Pilkada Serentak dan tahapan Pilpres. Situasi kompleks itu butuh perhatian lebih dan kerja keras untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Kita waspadai dan antisipasi demi suksesnya tugas mulia ini," jelas mantan KSAU ini.
ADVERTISEMENT
Hadi yakin, dengan sinergi dan kolaborasi yang terjadi antara TNI-Polri semua tugas ini dapat berjalan dengan baik. "Karenanya saya dengan Kapolri berharap operasi ini jadi wujud nyata dan contoh sebagai sebuah negara yang besar kita harus pelihara persatuan dan kesatuan," ucap dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan