kumparan
18 Sep 2019 14:07 WIB

Pansus Ibu Kota Baru Undang Anies hingga Sri Mulyani untuk Konsultasi

Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Kamis (9/8/18). Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Panitia Khusus (Pansus) pemindahan ibu kota DPR RI akan mengundang sejumlah pihak untuk konsultasi terkait rencana pemindahan ibu kota. Pihak yang diundang yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menkeu Sri Mulyani, serta Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.
ADVERTISEMENT
Ketua Pansus Zainudin Amali menyebut, Anies akan diundang untuk membahas nasib Jakarta setelah tak lagi jadi ibu kota.
"Akan kita undang (Anies) karena nanti kan kita akan tinggalkan (Jakarta). Jadi harus tahu, mau jadi apa tempat yang kita tinggalkan, kemudian kita pindahnya seperti apa," kata Zainudin di Gedung DPR, Senayan, Rabu (18/9).
Sementara itu, dengan Bappenas dan Kemenkeu, Pansus akan membahas beragam skenario yang akan ditempuh pemerintah dalam mewujudkan pemindahan ibu kota.
"Kan kita baru bicara soal skenario, pansus, dan penjadwalan (pembahasan selanjutnya). Nanti, pada saat itu, akan kita undang Bappenas, Menkeu, misalnya soal pembiayaan," jelasnya.
Zainudin menuturkan, paling tidak ada tiga pokok yang akan dibahas oleh pansus terkait pemindahan ibu kota. Pokok-pokok tersebut meliputi masalah lingkungan, pendanaan, hingga regulasi pemindahan ASN ke ibu kota yang baru.
ADVERTISEMENT
"Saya kira kita akan mengkaji tiga pokok besar itu. Tentu ada elaborasi-nya ke bawah, akan kita temukan dalam diskusi kita di internal pansus," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan