News
·
16 September 2020 10:51

Pastikan Akses Vaksin Corona Merata, RI Teken MoU dengan UNICEF

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pastikan Akses Vaksin Corona Merata, RI Teken MoU dengan UNICEF  (40320)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/6). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Hari ini, Indonesia menandatangani MoU kerja sama dengan UNICEF terkait upaya kerja sama terkait vaksin corona. Peran UNICEF dinilai vital dalam memastikan ketersediaan vaksin di seluruh penjuru dunia jika nanti sudah ditemukan.
ADVERTISEMENT
Hadir dalam acara ini perwakilan dari Indonesia yakni Menkes Terawan Agus Putranto, Menlu Retno Marsudi, dan Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir. Sementara UNICEF diwakili oleh Debora Comini.
"MoU antara Kemenkes dengan UNICEF ini merupakan pembaruan MoU yang sudah ditandatangani sejak 2014," kata Terawan dalam acara yang dihelat di Kemenkes dan disiarkan virtual, Rabu (16/9).
MoU ini juga bertujuan untuk memastikan Indonesia mendapatkan vaksin corona yang aman, efektif, dan dalam skala besar. Seperti kita ketahui, untuk menggaransi vaksin, negara-negara di dunia bekerja sama dengan GAVI (Global Alliance for Vaccine and Immunization), CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations), dan WHO melalui COVAX.
Tujuannya adalah untuk mempercepat pengembangan dan pembuatan vaksin COVID-19, serta menjamin akses yang adil dan merata bagi setiap negara di dunia.
Pastikan Akses Vaksin Corona Merata, RI Teken MoU dengan UNICEF  (40321)
Ilustrasi vaksin. Foto: Shutter Stock
"Ini satu-satunya inisiatif global yang bekerja sama dengan pemerintah dan produsen untuk memastikan vaksin COVID-19 tersedia di seluruh dunia. Baik untuk negara berpenghasilan tinggi maupun rendah," jelas dia.
ADVERTISEMENT
Terawan kemudian menjelaskan pentingnya peran UNICEF dalam proses ini. Apalagi, vaksin corona pasti akan menjadi rebutan dunia ketika nanti sudah dinyatakan layak digunakan dan diproduksi.
"Peran UNICEF dalam COVAX sangat penting yang mana upayaa tersebut akan memastikan setiap negara termasuk Indonesia memiliki akses vaksin yang aman, cepat dan merata," jelas dia.
Kata Terawan, UNICEF berkomitmen penuh untuk negara-negara yang telah bergabung dengan COVAX, termasuk Indonesia.
Dalam kesempatan yang sama Menlu Retno Marsudi mengungkapkan, ketersediaan vaksin corona secara global diprediksi tahun 2021.
Pastikan Akses Vaksin Corona Merata, RI Teken MoU dengan UNICEF  (40322)
Logo UNICEF. Foto: Pixabay