News
·
15 Januari 2021 1:51

Paus Fransiskus Disuntik Vaksin Pfizer

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Paus Fransiskus Disuntik Vaksin Pfizer (24626)
Paus Fransiskus menyampaikan berkat di Lapangan St. Peter, Vatikan. Foto: REUTERS / Yara Nardi
Paus Fransiskus dan mantan Paus Benediktus XVI sudah disuntik vaksin COVID-19. Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan suntikan vaksin ke Paus Fransiskus dan Paus Benediktus XVI merupakan bagian dari program awal vaksinasi di Kota Vatikan.
ADVERTISEMENT
"Dosis pertama vaksin COVID-19 telah diberikan kepada Paus Francis dan Paus Emeritus," kata Matteo Bruni dikutip dari France24, Jumat (15/1).
Bedasarkan laporan yang beredar, Paus Fransiskus disuntik vaksin pada Rabu (13/1). Namun, pejabat setempat menolak menanggapinya.
Paus Fransiskus disebut disuntik menggunakan vaksin Pfizer. Vaksin ini sudah mendapat EUA untuk digunakan di Uni Eropa sejak 21 Desember.
Sementara Paus Benediktus XVI mendapatkan suntikan vaksin corona pada Kamis pagi (14/1). Dalam wawancara yang disiarkan akhir pekan lalu, Paus Fransiskus mengimbau masyarakat Vatikan untuk mau menerima vaksin corona.
Sejak dunia dilanda pandemi virus corona, Paus Fransiskus mengurangi kegiatan kunjungannya ke negara lain.
Sebab, ada kekhawatiran serius bagaimana Fransiskus akan mengatasi virus corona jika terinfeksi. Mengingat usianya dan riwayat masalah paru-parunya.
ADVERTISEMENT
Di umur 21, Paus hampir meninggal setelah menderita radang selaput dada. Menurut penulis biografi, Austen Ivereigh, salah satu paru-parunya bahkan harus diangkat.