News
·
19 Oktober 2020 17:43

Pemda DIY Harap Seluruh Warganya Divaksin Corona: Total 3,8 Juta Orang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pemda DIY Harap Seluruh Warganya Divaksin Corona: Total 3,8 Juta Orang (135051)
Ilustrasi vaksin corona dari Sinovac. Foto: Thomas Peter/REUTERS
Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menanti kehadiran vaksin corona untuk menekan angka penularan.
ADVERTISEMENT
Jika sudah tersedia, Pemda DIY berharap seluruh warganya yang berjumlah 3,8 juta jiwa mendapatkan vaksin corona.
"Kami masih menunggu Kementerian Kesehatan. Tapi prinsipnya DIY siap kalau dilakukan vaksinasi. Apa yang dibutuhkan pemerintah daerah akan support," kata Sekda Pemda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di kantornya pada Senin (19/10).
"Kebutuhan 3,8 juta orang. Kalau vaksin lebih baik semua. Kalau tidak semua malah ada yang jadi sumber penularan," lanjutnya.
Namun, Aji belum bisa memastikan apakah sumber daya yang ada cukup untuk melakukan vaksinasi terhadap 3,8 juta warga DIY.
Pemda DIY Harap Seluruh Warganya Divaksin Corona: Total 3,8 Juta Orang (135052)
Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
"Cuma kalau semua (divaksin) apakah sumber dayanya cukup. Kecuali kalau kemudian di dalam keputusannya kurang yang sudah terlalu tua atau lansia atau masih anak-anak tidak (divaksin) atau sebaliknya yang sehat tidak usah (divaksin). Itu kita tunggu," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan tak seluruh masyarakat mendapatkan vaksin corona secara gratis. Artinya, terdapat masyarakat yang harus membayar untuk mendapatkan vaksin.
Jokowi kemudian meminta Menkes Terawan untuk mengkoordinir vaksinasi terhadap masyarakat yang diberi vaksin gratis. Sementara Menteri BUMN Erick Thohir bertanggung jawab atas vaksinasi terhadap masyarakat yang harus membayar.