News
·
31 Juli 2021 13:47
·
waktu baca 1 menit

Pemkot Bandung Siapkan Kajian Kebijakan Dine In untuk Kafe dan Restoran

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pemkot Bandung Siapkan Kajian Kebijakan Dine In untuk Kafe dan Restoran (816849)
searchPerbesar
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meninjau operasional pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Pemkot Bandung sedang melakukan kajian dengan melakukan simulasi terkait kebijakan makan di tempat atau dine in untuk sektor restoran dan kafe.
ADVERTISEMENT
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut kebijakan dine in di restoran dapat diterapkan bila angka kasus corona terus menurun.
Sejauh ini, menurut Yana, Kota Bandung berada di penerapan PPKM Level 4. Jika nanti pada evaluasi pekan depan sudah masuk ke level 3, maka bakal dilakukan sejumlah kelonggaran aturan.
"Skor kita 1,78 sedikit lagi bisa ke level tiga. Kalau ternyata minggu depan regulasi kita level tiga udah ada kelonggaran-kelonggaran, kita lihat aja," kata dia melalui keterangannya, Sabtu (31/7).
Adapun dari simulasi yang dilakukan, Yana meminta agar bilik disinfektan disiapkan, karyawan kafe dan restoran sudah divaksinasi, dan kapasitas dibatasi jadi hanya 25 persen. Kemudian, tiap restoran dan kafe pun semestinya memiliki Satgas yang bertugas melakukan pengawasan dan mengingatkan.
ADVERTISEMENT
"Kita lihat kurva penyebaran COVID-19 cenderung turun ya makanya skor risiko udah 1,78 kurang 0,02 aja kita udah turun level ke level tiga tentu butuh persiapan (simulasi) jangan sampai kaget," kata dia.
Sebelumnya, ratusan kafe dan restoran di Kota Bandung merasa dirugikan atas kebijakan PPKM yang diterapkan di Kota Bandung.
Peraturan yang dikeluarkan Wali Kota Bandung Oded M. Danial dirasa tak berpihak. Padahal, kafe dan restoran merasa sudah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.