kumparan
4 Juni 2018 12:07

Pemkot Jakut Sidak Pasar, Sejumlah Harga Bahan Pokok Mulai Naik

Pemkot Jakut pantau harga bahan pokok
Pemkot Jakut pantau harga bahan pokok (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Pemerintah Kota Jakarta Utara memantau harga di dua pasar tradisional, yaitu Pasar Sunter Podomoro dan Pasar Gading. Selain itu mereka juga mendatangi pasar modern Lottemart untuk memeriksa kedaluwarsa bahan makanan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui stok bahan pokok dan lonjakan harga jelang Hari Raya Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
Pemantauan dilakukan oleh Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad dan Kapolrestro Jakarta Utara Kombes Pol Reza Arief Dewanto serta intansi terkait, seperti Sudin KPKP Jakarta Utara dan BPOM. Usai memantau, Husein tidak menemukan kenaikan harga yang signifikan.
“Kita dengan Pak Kapolres (Jakarta Utara) serta jajaran terkait melaksanakan sidak pasar. Sudah dua pasar kita kunjungi di Sunter Agung dan Kelapa Gading. Dari dua pasar tadi kita dapat gambaran bahwa tidak ada kenaikan harga yang signifikan,” ujar Husein di Pasar Gading, Jakarta Utara, Senin (4/6).
Meski begitu, ia mengakui masih ada beberapa bahan pokok yang naik signifikan. Seperti bawang merah yang naik dari Rp 35.0000 menjadi Rp 45.000 per kilogram.
“Bawang merah yang sedikit naik (tinggi) Rp 10.000 kalau enggak salah naiknya Rp 10.000 dari harga biasa. Kemudian memang apalagi tadi ya cabai ya, cabai rawit merah itu lumayan lah harga naik,” ujar Husein.
Pemkot Jakut pantau harga bahan pokok
Kapolres Jakarta Utara dan Wali Kota Jakarta Utara (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Pantauan kumparan, beberapa harga mengalami kenaikan, seperti ayam semula Rp 25.000 per kilo kini menjadi Rp Rp 45.000. Lalu udang yang naik dari Rp 100.000 menjadi Rp 110.000. Ada pula bahan yang turun seperti ikan yang semula Rp 100.000 kini menjadi Rp 90.000. Sedangkan beras hingga kini harganya masih stabil.
ADVERTISEMENT
Husain memastikan stok bahan pokok saat ini masih aman. Begitu juga dengan pembeli yang relatif stabil.
“Masalah stok berdasarkan keterangan pedagang tidak ada masalah dan mereka mendapatkan barang dengan lancar. Begitu juga dengan pembeli juga relatif stabil sampai hari ini,” ujar Husein.
Namun husein tidak bisa menjamin kondisi itu akan terus sama hingga Idul Fitri. “Mungkin di situ akan ada lonjakan pembeli atau lonjakan harga tapi sampai dengan hari ini kita pantau dalam keadaan yang stabil baik harga maupun stok,” ujarnya.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia akan meminta jajarannya untuk terus melakukan pengawasan di pasar yang ada di Jakarta Utara.
“Kita melakukan pengawasan supaya jangan karena kebutuhan meningkat jelang Lebaran, lalu dinaikkan secara sepihak oleh pedagang, itu yang kita khawatiri,” ujarnya.
Pemkot Jakut pantau harga bahan pokok
Pemkot Jakut pantau harga bahan pokok (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Sementara, Kapolrestro Jakarta Utara Kombes Pol Reza Arief Dewanto mengatakan akan menggerakan Satgas Pangan untuk memonitor harga bahan pokok setiap hari. Namun, menurutnya hingga kini tidak ada yang mengkhawatirkan.
ADVERTISEMENT
“Kita kan ada Satgas Pangan. Kita aktifkan untuk monitor harga di pasar setiap hari. Alhamdulillah seperti tadi disampaikan tidak ada kenaikan harga yang mengkhawatirkan,” ujar Reza.
“Kita belum lihat penyimpangan-penyimpangan yang menyebabkan harga ini naik. Rata-rata naik masih dalam mekanisme yang normal,” ungkapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan