kumparan
News21 Februari 2020 17:54

Pemprov DKI Kaji Perluasan Rute Mikrotrans Jak Lingko ke Stasiun-stasiun MRT

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Jak Lingko
Ilustrasi Jak Lingko. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Program Jak Lingko oleh Pemprov DKI akan terus dikembangkan agar bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas. Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, mengungkapkan pihaknya akan melakukan evaluasi rute-rute Mikrotrans yang sudah berlangsung efektif mau pun belum efektif.
ADVERTISEMENT
"Total rute yang ada 249, dan 69 di antaranya adalah rute mikrotrans. Ini yang mau dievaluasi," ucap Syafrin di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (21/2).
Salah satu rute yang dievaluasi adalah menyiapkan Mikrotrans yang melewati koridor MRT Lebak Bulus-Bundaran HI. Ia menjelaskan, evaluasi bertujuan meningkatkan jangkauan masyarakat yang ingin menuju stasiun-stasiun MRT.
"Karena tujuannya ada peningkatan aksesibilitas masyarakat untuk menjangkau stasiun-stasiun MRT. MRT kan luar biasa. Disiapkan pemerintah dengan model atau pun pola transportasi modern, yang maju sekali," ungkapnya.
Ilustrasi angkot Jak Lingko
Ilustrasi angkot Jak Lingko. Foto: Instagram/@regensilalahi
Ia menyadari peminat Jak Lingko begitu banyak, tapi belum ada yang sampai ke seluruh titik stasiun MRT. Syafrin menyebut pihaknya akan mendorong seluruh angkutan umum massal ini terintegrasi.
"Ternyata warga di kawasan di sekitaran stasiun belum bisa mengakses, karena layanan angkutan umumnya belum menyentuh itu. Ini yang akan kami dorong, untuk dimasifkan," jelas dia.
ADVERTISEMENT
"Jadi masyarakat dari kawasan Lebak Bulus, yang selama ini kesulitan menjangkau stasiun karena ketersediaan angkutan jalannya kurang atau belum terjangkau. Nah, ini yang kami dorong dilayani. Sehingga masyarakatnya ada keadilan sehingga bisa mengakses stasiun, yang modern," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan