kumparan
search-gray
News5 September 2019 18:42

Pencari Suaka Harus Tinggalkan Penampungan di Kalideres, 9 September

Konten Redaksi kumparan
Pencari Suaka, Kalideres, Luar Gedung
Pencari suaka asal Sudan dan Somalia mengungsi di luar gedung tempat penampungan. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Pemprov DKI Jakarta sudah memberi waktu kepada para pencari suaka hingga 31 Agustus 2019. Tapi, sampai saat ini masih ada 390 pencari suaka yang masih bertahan di Gedung Eks Kodim.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta memberikan waktu kepada para pencari suaka untuk mengosongkan gedung hingga Senin, 9 September 2019.
"Tadi hasil rapat dengan Menkopolhukam, Kemensos, dan UNHCR, sampai hari Senin," kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI, Taufan Bakri, saat dihubungi, Kamis (5/9).
Pencari Suaka, Kalideres,
Suasana di tempat penampungan pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Dia mengatakan, jika para pencari suaka menolak pindah, Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan Menkopolhukam untuk menertibkannya. Taufan menegaskan, Pemprov DKI tidak akan menyediakan penampungan lagi bagi para pencari suaka.
Sementara itu, Taufah menyebut UNHCR hingga saat ini belum bisa menyampaikan solusi apapun terhadap persoalan ini dalam rapat tersebut. Untuk itu, UNHCR kembali diberi waktu menyelesaikan masalah administrasi.
"Kita enggak nampung lagi. Itu yang kita kasih waktu UNHCR, biar bernegosiasi dengan pengungsi itu. Pemprov DKI ngasih waktu sampai hari Senin ke UNHCR, maksudnya, cepatlah negosiasi sampai Senin," tegasnya.
Pencari Suaka, Kalideres, Luar Gedung
Pencari suaka asal Sudan dan Somalia mengungsi di luar gedung tempat penampungan. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Untuk diketahui, Pemprov DKI sebelumnya telah memberikan bantuan kepada para pencari suaka. Bantuan yang diberikan berupa logistik untuk bertahan hidup. Namun, Pemprov DKI sebetulnya tak berkewajiban untuk memberikan bantuan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, UNHCR juga telah memberikan bantuan dana kepada para pencari suaka untuk mencari huniannya sendiri. Sehingga, para pencari suaka tak lagi menempati eks kodim di Kalideres untuk berhuni. Namun faktanya, sampai saat ini masih ada 390 pencari suaka yang tinggal di sana.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white