News
·
27 Februari 2021 16:59

Pendiri Partai Demokrat Turun Gunung, Dorong KLB Segera Digelar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pendiri Partai Demokrat Turun Gunung, Dorong KLB Segera Digelar (75131)
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2). Foto: Muhammad Adimaja/Antara Foto
Sejumlah pendiri dan senior Partai Demokrat turun gunung dan mendorong segera dilaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB). Dorongan KLB ini muncul untuk mencari solusi atas permasalahan internal Demokrat yang terjadi saat ini.
ADVERTISEMENT
Pendiri Partai Demokrat, Hencky Luntungan, mengungkapkan seluruh pendiri partai melihat kekisruhan internal ini terjadi lantaran Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak mampu memimpin partai dengan baik. Sehingga pihaknya menilai KLB bisa menjadi solusi penyelesaian masalah tersebut.
"Ada apa kekisruhan ini terjadi. Intinya pertama, sebagai pendiri kami melihat kekisruhan yang terjadi oleh karena tidak mempunyai seorang pemimpin partai, garisbawahi ketidakmampuan pemimpin partai dalam hal ini saudara AHY. Garisbawahi, enggak usah takut-takut," kata Hencky, Sabtu (27/2).
"Kenapa ketidakmampuan? Persoalan internal dibawa ke eksternal. Karena ketidakmampuan itu maka kami pendiri bersepakat mencari solusi. Apa solusi itu? KLB dan kongres luar biasa yang harus dilakukan dalam rangka penyelamatan partai dan sikap kita untuk menengarai persoalan ini," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Hencky menuturkan, KLB dapat diadakan tanpa ada rasa dendam dan saling menyudutkan. Selain itu, pelaksanaannya bisa dilakukan sesuai AD/ART.
Pendiri Partai Demokrat Turun Gunung, Dorong KLB Segera Digelar (75132)
Partai Demokrat Memecat Kader yang Terlibat dalam Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan. Foto: Dok. DPP Partai Demokrat
Dia menyebut seluruh pendiri partai kini membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin mengikuti KLB.
"Melakukan KLB tanpa ada rasa dendam, tanpa ada rasa kebencian, tanpa ada rasa menyudutkan. Ketiga, mendorong siapa pun yang akan masuk dalam KLB nanti eksternal maupun internal. Keempat, pelaksanaan KLB ini harus dilakukan berdasarkan AD/ART yang benar-benar dilakukan pada saat kongres pertama," kata dia.
Untuk memastikan KLB berjalan baik, Hencky memastikan seluruh pendiri partai akan mengawal proses KLB hingga tuntas. Sehingga, diharapkan Partai Demokrat bisa kembali menjadi partai pemenang.
"Dalam pelaksanaan KLB, maka pendiri partai akan melibatkan diri secara aktif dalam rangka mengawal mengembalikan partai Demokrat kepada kita sebelumnya," ucap Hencky.
ADVERTISEMENT
"Lalu, dalam mengawal perencanaan pelaksanaan KLB tentunya kita bersepakat bersama tidak hanya pendiri, tetapi juga kepada seluruh yang selama ini berjuang berbuat untuk mengambil peran memajukan Partai Demokrat ke depan, mengembalikan Partai Demokrat menjadi sang juara," tandas dia.
Sebelumnya, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng menilai pihak-pihak yang ingin mengadakan KLB berupaya mengadu domba AHY dengan adiknya yang juga Waketum Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. Padahal, hubungan keduanya sangat baik.
"Kan ketahuan nih kalau GPK-PD (Gerakan Pengambilalihan Partai Demokrat) itu kemarin ketahuan sekarang. Mereka mau dipecat terus jalan terus nih, berusaha merekrut dan kemudian berusaha mengadu domba Mas AHY dan Mas Ibas," kata Andi, Jumat (26/2).
***
Simak video menarik di bawah ini:
ADVERTISEMENT