News
·
27 Agustus 2020 17:31

Penjelasan Prof Wiku soal Nonton Film di Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penjelasan Prof Wiku soal Nonton Film di Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh (98098)
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jumat (24/7). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, sempat menyinggung pembukaan bioskop kembali di tengah pandemi virus corona dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pernyataan ini menuai pertanyaan dari publik, mengapa bisa meningkatkan imunitas?
ADVERTISEMENT
Wiku menjelaskan, imunitas merupakan bentuk ketahanan tubuh terhadap penyakit. Imun manusia yang begitu kompleks dapat terbantu jika kita sedang bahagia, salah satunya dengan menonton film.
"Kondisi jiwa yang bahagia tentunya mempunyai potensi untuk meningkatkan atau menurunkan tingkat stres yang ada pada tubuh," kata Wiku di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (27/8).
Penjelasan Prof Wiku soal Nonton Film di Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh (98099)
Suasana simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Foto: M Agung Rajasa/ANTARA FOTO
Menurutnya, stres dapat memicu ketidakaturan respons imun terhadap tubuh dan lebih rentan tertular penyakit. Sebab, sel darah putih akan terhambat kerjanya karena bakteri dan virus di dalam tubuh.
Menjaga imunitas, khususnya di tengah pandemi corona, dijelaskan Wiku tetap harus dilakukan. Mulai dari istirahat dan olahraga yang cukup, menjaga asupan gizi seimbang, dan membuat jiwa dan raga terus bahagia.
ADVERTISEMENT
Dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan, bukan hanya menonton di bioskop, tapi juga bisa menonton film di rumah dan aktivitas lainnya. Tapi pilihan yang bisa diambil masyarakat, kita serahkan ke masyarakat. Yang jelas aman COVID dan bisa produktif menjalankan kehidupan sehari-hari.
Prof Wiku Adisasmito
Penjelasan Prof Wiku soal Nonton Film di Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh (98100)
Ilustrasi menonton bioskop. Foto: WANG ZHAO / AFP
Wiku sebelumnya dalam konferensi persnya bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, menonton film di bioskop dari sisi sosial dapat meningkatkan imunitas tubuh.
"Perlu kami sampaikan bioskop dan sinema memang memiliki karakteristik penting. Terutama dalam memberikan harapan kepada masyarakat. Imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia," ungkap dia, Rabu (26/8).
Namun, pembukaan bioskop nantinya tetap harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Pengelola juga harus melakukan serangkaian proses sebelum dibuka, yakni prakondisi, timing, prioritas, koordinasi antara pusat dan daerah, serta monitoring dan evaluasi.
Penjelasan Prof Wiku soal Nonton Film di Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh (98101)
Infografik Protokol Nonton Bioskop di Tengah Pandemi. Foto: Chia Aulia/kumparana
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona