News17 September 2020 17:54

Penjelasan Satgas soal Warga DKI Harus Pakai Masker di Mobil Meski Sendirian

Konten Redaksi kumparan
Penjelasan Satgas soal Warga DKI Harus Pakai Masker di Mobil Meski Sendirian (1501214)
Anggota Polisi wanita (Polwan) membagikan masker pada pengendara mobil saat sosialisasi pemberlakuan kembali ganjil genap di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/8). Foto: ANTARA FOTO/
Masyarakat dibuat bertanya-tanya dengan aturan penggunaan masker di kendaraan. Bermula dari beredarnya sebuah video di media sosial adanya seorang warga yang sedang mengemudikan mobil seorang diri.
ADVERTISEMENT
Pengemudi itu kemudian terjaring razia di DKI Jakarta akibat membuka maskernya. Dia keberatan karena hanya sendiri di dalam mobil.
Terkait hal itu juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memberikan penjelasan. Menurutnya, aturan terkait penggunaan wajib masker di Jakarta sudah diatur dengan jelas di Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020.
"Kalau kita lihat Pasal 4 Pergub DKI 79/2020, menyatakan bahwa setiap orang di DKI Jakarta wajib melaksanakan perlindungan kesehatan individu meliputi menggunakan masker yang menutupi mulut hidung dan dagu di luar rumah dan atau menggunakan kendaraan bermotor," kata Wiku dalam keterangannya, Kamis (17/9).
Berikut bunyi Pasal 4 Pergub 79
Pasal 4
(1) Setiap orang yang berada di Provinsi DKI Jakarta wajib melaksanakan perlindungan kesehatan individu, yang meliputi:
ADVERTISEMENT
a. menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu, ketika:
1. berada di luar rumah;
2. berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahuistatus kesehatannya; dan/atau
3. menggunakan kendaraan bermotor;
Wiku meminta masyarakat agar mematuhi aturan itu. "Mohon diikuti aturan tersebut karena itu upaya untuk melindungi diri kita semua," tutup dia.
Sebelumnya sanksi bagi warga DKI Jakarta yang tidak mengenakan masker saat berada di mobil sendirian menjadi pembahasan hangat di media sosial.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, menilai aturan itu tidak efektif menekan penularan corona karena tidak ada interaksi dengan orang lain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white