kumparan
3 Juni 2018 17:00

Penumpang Garuda yang Bercanda Bom Harusnya Dipidana Agar Jera

Tas penumpang Garuda yang bercanda soal bom. (Foto: Dok. Istimewa)
Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menyayangkan peristiwa dilepasnya penumpang kelas bisnis Garuda Indonesia, Henny Adiaksi, yang bercanda soal bom di pesawat. Menurutnya, seharusnya Hannya dipidana.
ADVERTISEMENT
Agus kemudian membedakan kasus Garuda dengan apa yang dilakukan alumni mahasiswa Universitas Tanjung Pura Frantinus Nirigi yang bercanda soal bom di pesawat Lion Air saat hendak lepas landas dari Bandara Supadio, Pontianak.
"Kalau benar dilepas ini ada diskriminasi. Yang mantan mahasiswa, yang kurang mampu diperiksa. Sementara yang mampu karena naik bisnis dilepas. Harusnya ditahan saja. Pasal 463 UU Penerbangan kan udah jelas, hukumannya setahun," kata Agus saat dihubungi kumparan, Minggu (3/6).
Ia menjelaskan, kalau setiap pelanggar aturan soal candaan bom ini dilepas maka akan membahayakan para penumpang yang ingin terbang. "Harus digalakkan, kalau tidak ya akan terus seperti ini, terus berulang. Ini kan bahaya buat keselamatan penerbangan," ungkapnya.
ADVERTISEMENT

Nanti jadi suatu saat cuek penumpang ternyata beneran bom kan ini bahaya karena enggak ada efek jera. Jadi dihukum ya, setahun itu

- Agus Pambagio

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika aturan di UU sudah dibatalkan, seharusnya UU tersebut dicabut saja. "Lalu saya bilang mehub batalkan saja UU 1 tentang Penerbangan karena anda melakukan keberpihakan. Semua harusnya sama saja," ujar Agus.
Ia menambahkan, operator bandara di seluruh Indonesia juga bisa memasang spanduk atau banner tentang ancaman pidana terhadap orang yang bercanda soal bom di pesawat.
"Pokoknya ada nyebut kata bom masuk terminal sampai terbang itu melanggar harus dipidana. Ini kan berkali-kali diabaikan. Dikasih nasihat terus dilepas, ini kan enggak jera dan menggangu penupang. Ada pesawat delay dan sebagainya, hak orang diganggu," urai dia.
ADVERTISEMENT
"Usahakan operator bandara memeasang spanduk ancaman orang yang bercanda soal bom, orang kan itu cuek biar dikasih penjelasan," tutupnya.
Pesawat Garuda (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan