News
·
19 Oktober 2020 8:44

Percepat Hasil Tes Swab PCR Corona, Pemprov Aceh Tambah 2 Lab

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Percepat Hasil Tes Swab PCR Corona, Pemprov Aceh Tambah 2 Lab (79241)
RS Zainoel Abidin di Aceh perketat antrean warga untuk swab test. Foto: Dok. Istimewa
Pemprov Aceh hingga kini masih terus berupaya menekan laju penyebaran virus corona. Saat ini pemprov telah menambah dua lab PCR yang ditempatkan di RSUD Zainoel Abidin dan Labkesda Aceh.
ADVERTISEMENT
Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, mengatakan, dengan bertambahnya dua lab PCR ini, maka kekuatan yang dimiliki untuk menguji sampel swab virus corona lebih besar.
“Tentunya proses pemeriksaan juga akan lebih cepat,” kata Taqwallah, Senin (19/10).
Percepat Hasil Tes Swab PCR Corona, Pemprov Aceh Tambah 2 Lab (79242)
Pesepak bola Persiraja Banda Aceh Tri Rahmad Priadi menjalani tes usap (swab test) COVID-19 di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unsyiah, Banda Aceh, Aceh, Senin (21/9/2020). Foto: Irwansyah Putra/ANTARA FOTO
Taqwallah memastikan pihaknya pada Sabtu (17/10) malam, telah menggelar rapat di kantor Gubernur Aceh untuk membahas langkah percepatan agar hasil tes swab PCR virus corona dapat keluar kurang dari 24 jam.
Untuk mendukung hal itu, kata Taqwallah, sangat dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari seluruh kabupaten/kota.
“Kabupaten/kota harus mengirim sampel swab sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” ujarnya. Pemerintah Aceh telah mengaturnya mulai dari jam pengiriman hingga dengan dikeluarkannya hasil tes swab PCR.
Percepat Hasil Tes Swab PCR Corona, Pemprov Aceh Tambah 2 Lab (79243)
Proses swab test di RS Zainoel Abidin. Foto: Dok. Istimewa
Kabupaten/kota juga diminta untuk mengirim jumlah sampel swab setiap harinya sesuai dengan kuota yang telah ditentukan.
ADVERTISEMENT
“Setiap kabupaten mendapat kuota yang berbeda. Penetapan kuota menyesuaikan dengan kondisi kasus COVID-19 tiap daerah,” ungkap Taqwallah.
Selain itu, Taqwallah meminta pihak terkait untuk memberi perhatian khusus bagi perawat dan tenaga kesehatan yang bertugas dalam pemeriksaan sampel swab PCR.
“Tentu ini tidak akan berjalan sempurna, tapi mari kita coba usaha semaksimal mungkin agar target kita ini membuahkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya.
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona