kumparan
5 Jun 2018 5:25 WIB

Perempuan di Arab Saudi Akhirnya Bisa Akses Lisensi Mengemudi

Perempuan Arab Saudi Menyetir Mobil (Foto: Reuters/Faisal Al Nasser)
Perempuan di Arab Saudi boleh jadi sedang bergembira. Sebab, sejak Senin (4/6) waktu setempat, pemerintah Arab Saudi resmi mengeluarkan lisensi mengemudi untuk para wanita.
ADVERTISEMENT
Sepuluh perempuan Saudi menukar lisensi mengemudi mereka. Kesepuluh perempuan tersebut menukar lisensi asing yang sebelumnya mereka gunakan. Penukaran tersebut dianggap sebagai respons positif terhadap kebijakan kerajaan Saudi yang akan mengakhiri larangan mengemudi untuk para wanita.
"Sepuluh perempuan Saudi membuat sejarah pada hari Senin ketika mereka mengeluarkan surat izin mengemudi," ujara Pusat Informasi untuk Komunikasi Internasional (CIC) seperti dikuti AFP, Selasa (5/6).
Perempuan Arab Saudi sedang mengemudi. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)
"Harapannya dalam dua minggu ke depan akan ada 2.000 perempuan yang akan bergabung dalam jajaran pengemudi wanita yang memiliki lisensi," ujar Pusat Informasi tersebut.
Salah satu pejabat kantor berita di Saudi mengatakan penukaran tersebut dilakukan setelah perempuan itu melakukan semacam tes. Namun, tidak disebutkan secara rinci tes apa yang dilakukan.
ADVERTISEMENT
Merespons kebijakan itu, salah satu perempuan yang mendapatkan lisensi mengatakan ini merupakan salah satu mimpinya yang menjadi kenyataan. "Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," ujar Rema Jawdat.
Sebab, bagi Rema, diperbolehkannya wanita untuk mengemudi merupakan suatu tindakan baik, dan sebagai bentuk menjunjung kebebasan perempuan.
Arab Saudi seperti tengah berada dalam tahap reformasi sosial. Sebelumnya, Arab Saudi mengesahkan undang-undang terkait pelecehan seksual. Selain itu, kini gedung-gedung bioskop pun kembali dibangun dan dibuka untuk umum
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan