kumparan
20 April 2018 11:21

Peringati Hari Kartini, 10 Anak Berkebutuhan Khusus Lukis TransJakarta

Melukis bis oleh anak autism di Balai Kota. (Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)
Ada pemandangan tak biasa di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/4) pagi. Beberapa anak-anak terlihat asyik melukis bus TransJakarta dengan goresan tinta penuh warna.
ADVERTISEMENT
Art Mentor Artburt Indonesia Timotius Warsito mengatakan kegiatan pagi ini merupakan bentuk kerja sama Artburt Indonesia dengan PT TransJakarta. Pelukisnya merupakan anak yang memiliki kebutuhan khusus autisme.
"Dari TransJakartanta sendiri, Pak Dirut (Budi Kaliwono) waktu itu bilang untuk mengapresiasi ibu-ibu yang punya anak berkebutuhan khusus. Bagaimana perjuangan mereka, struggling-nya mereka. Makanya anak-anak ini menjadi anak yang bisa dibanggakanlah," kata Kak Toto, sapaan Timotius, di lokasi, Jumat (20/4).
Melukis bis oleh anak autism di Balai Kota. (Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)
"Pelukisnya sendiri adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus. Autism dalam hal ini," imbuhnya.
Kegiatan melukis bus ini, kata Toto, sekaligus untuk memperingati Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, dengan tema lukisan mengambil kegiatan Ibu bersama anak.
"Jadi karena ini persembahan kasih untuk orang tua ibu menjelang Hari Kartini juga temannya ibu perempuan tangguh. Jadi macam bentuk aktivitas ibu dan anak kita tampilkan di sini," ujarnya.
Melukis bis oleh anak autism di Balai Kota. (Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan)
Anak kebutuhan khusus yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan melukis bus ada 10 anak yang tergabung dalam Artburt Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan yang sama, Humas TransJakarta Wibowo mengatakan bus yang telah dilukis oleh anak-anak itu akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan akan digunakan oleh Transjakarta. Meskipun saat ini, TransJakarta belum menentukan rute yang menggunakan bus tersebut.
"Rute belum kita putuskan karena mereka rencana pengerjaan dua hari. Setelah ini, ada besok. Nanti rencananya Pak Gubernur akan meresmikan," kata Wibowo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan