Konpers KPK - Edhy Prabowo
26 November 2020 2:52

Pernyataan Lengkap Menteri Edhy Prabowo Usai Ditetapkan Tersangka Oleh KPK

Pernyataan Lengkap Menteri Edhy Prabowo Usai Ditetapkan Tersangka Oleh KPK (591)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo usai dihadirkan saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/11) dini hari. Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo angkat suara terkait penangkapan dirinya setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka. Status tersangka Edhy berkaitan dengan perkara dugaan suap izin ekspor benih lobster.
ADVERTISEMENT
Dalam pernyataan pribadinya, Edhy menyampaikan sejumlah permintaan maaf atas tindakan yang dinilainya memalukan dan mencoreng nilai baik pejabat publik. Ucapan maaf itu khusus disampaikan Edhy kepada Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
"Pertama saya minta maaf kepada Bapak Presiden saya sudah mengkhianati kepercayaan beliau kepada saya. Saya juga minta maaf kepada Pak Prabowo Subianto selaku guru saya mentor yang sudah mengajarkan banyak hal," ujar Edhy dalam pernyataannya di gedung KPK, Kamis (26/11).
Atas peristiwa ini, Edhy pun menyatakan dengan lapang dada bahwa ia akan mengundurkan diri dari sejumlah jabatan publik yang kini diembannya.
"Saya dengan ini saya akan mengundurkan diri sebagai wakil ketua umum dan juga nanti saya mengundurkan diri untuk tidak lagi menjabat sebagai menteri dan saya yakin prosesnya sudah berjalan," kata Edhy.
Pernyataan Lengkap Menteri Edhy Prabowo Usai Ditetapkan Tersangka Oleh KPK (592)
Sejumlah tersangka kasus suap benih lobster usai dihadirkan di konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (25/11). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Berikut isi pernyataan lengkap Edhy Prabowo usai ditetapkan KPK sebagai tersangka pada Kamis (26/11) dini hari.
ADVERTISEMENT
Pertama saya minta maaf kepada Bapak Presiden saya sudah mengkhianati kepercayaan beliau kepada saya. Saya juga minta maaf kepada Pak Prabowo Subianto selaku guru saya mentor yang sudah mengajarkan banyak hal. Saya mohon maaf kepada ibu saya. Saya yakin hari ini nonton di TV saya mohon beliau sudah sepuh ini biar tetap kuat. Saya masih kuat dan saya akan bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi.
Kemudian saya memohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kelautan dan perikanan yang mungkin banyak yang terkhianati. Seolah-olah saya pencitraan di depan umum itu tidak, tetap semangat. Ini adalah kecelakaan yang terjadi dan saya bertanggung jawab terhadap ini semua. Saya tidak lari dan saya akan membeberkan semua apa yang saya lakukan. Dan ini tanggung jawab penuh saya terhadap dunia dan akhirat.
ADVERTISEMENT
Saya terima kasih pada teman teman media yang sabar, saya akan jalani pemeriksaan ini insyaallah dengan tetap sehat, mohon doa dari teman-teman.
Saya juga memohon maaf kepada seluruh keluarga besar partai saya. Saya dengan ini saya akan mengundurkan diri sebagai wakil ketua umum dan juga nanti saya mengundurkan diri untuk tidak lagi menjabat sebagai menteri dan saya yakin prosesnya sudah berjalan. Saya bertanggung jawab penuh dan saya akan hadapi dengan jiwa besar. Terima kasih.