kumparan
5 Desember 2019 4:11

Pertama Kali dalam 23 Tahun, AS Akan Tunjuk Dubes untuk Sudan

Mike Pompeo
Mike Pompeo Foto: REUTERS/Yuri Gripas
Amerika Serikat akan menempatkan duta besarnya untuk Sudan di Khartoum. Keputusan ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam 23 tahun terakhir.
ADVERTISEMENT
"Keputusan ini merupakan langkah maju yang berarti dalam memperkuat hubungan bilateral AS-Sudan," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dilansir AFP, Kamis (5/12).
Hubungan Washington dengan Khartoum meningkat sejak Presiden Sudan Omar Al-Bashir digulingkan pada April lalu. Apalagi, Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok telah berkunjung ke Washington pada Rabu (4/12).
Mike Pompeo
Menlu AS Mike Pompeo Foto: REUTERS/Carlos Barria
Dalam pertemuan itu, Hamdok juga membahas masalah penguatan hubungan antara AS dengan Sudan. Pertemuan itu juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk urusan politik, David Hale.
"Setelah gangguan selama 23 tahun, bagus jika pertukaran duta besar antara Sudan dan AS dilakukan. Ini adalah langkah penting menuju pembangunan kembali Sudan," kata Hamdok.
Di masa pemerintahan Omar Al-Bashir, Sudan memang berselisih dengan pemerintah AS. Bahkan, AS telah menambahkan Sudan ke dalam daftar negara yang mensponsori terorisme pada tahun 1993.
ADVERTISEMENT
Akibatnya, secara teknis, Sudan tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan keringanan utang dan pendanaan dari International Monetary Fund dan World Bank.
Setelah pemerintahan Omar Al-Bashir digulingkan dan pemerintah transisi sipil dibentuk pada Agustus lalu, Sudan akhirnya dihapus dari daftar tersebut. Keluarnya Sudan dari daftar tersebut juga menjadi awal hubungan bilateral antara AS dengan Sudan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan