kumparan
3 Juni 2018 10:05

Pertemuan Amien-Prabowo-Rizieq Tak Akan Perluas Suara di Pilpres 2019

Rizieq imami salat Prabowo dan Amien Rais
Rizieq imami salat Prabowo dan Amien Rais (Foto: Instagram @amienraisofficial)
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Imam Besar FPI Rizieq Syihab mengadakan pertemuan di Makkah, Arab Saudi. Dalam pertemuan itu disebutkan ada pembicaraan soal politik, termasuk Pilpres 2019.
ADVERTISEMENT
Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menilai pertemuan itu tak akan berpengaruh besar pada perolehan suara kubu Amien ataupun Prabowo. Sebab, Adi menjelaskan, ketiganya memiliki basis massa yang serupa.
"Ini kan target market politiknya kan enggak berubah, aktor politiknya juga enggak berubah. Yang berubah ini soal lokasi pertemuannya saja. biasanya mereka suka ketemu di Indonesia, sekarang di Makkah," ujar Adi kepada kumparan, Minggu (3/6).
Selain itu, menurutnya tidak ada hal yang spesial dalam pertemuan ketiga tokoh tersebut. Sebab antara Amien, Prabowo dan Rizieq sudah lama berkomunikasi dan sering bertemu.
"Entah di Makkah, entah di Jeddah atau di Indonesia, saya kira tidak ada yang istimewa. Karena tokohnya itu-itu saja, dan ketika orang ini dianggap sebagai salah satu simbol oposisi saat ini," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, kata dia, pembicaraan politik antara Amien, Prabowo dan Rizieq sudah pasti juga tak akan ada yang berubah. Yakni seputaran cara memenangi pilpres mendatang alias mengalahkan koalisi Joko Widodo.
"Bagaimana mendapat dukungan umat Islam, terutama umat Islam yang kecewa terhadap Jokowi. Kan gitu sebenarnya alurnya," ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan