kumparan
13 Juli 2019 12:27

Pertemuan Jokowi dan Prabowo Tak Bahas Pemulangan Rizieq Syihab

Jokowi bertemu Prabowo, makan siang bersama
Joko Widodo dan Prabowo Subianto usai makan siang bersama di FX Sudirman. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan tidak ada pembahasan mengenai pemulangan Rizieq Syihab dari Arab Saudi, saat Joko Widodo bertemu Prabowo Subianto.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pemulangan Imam Besar FPI itu sempat disinggung Partai Gerindra sebagai salah satu syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo seusai pemilu, meski ditolak.
Terkait hal tersebut, Pramono memastikan pertemuan Jokowi dan Prabowo terlaksana tanpa syarat apapun, termasuk pemulangan Rizieq.
Habib Rizieq
Habib Rizieq. Foto: Reuters/Raisan Al Farisi
"Dan juga enggak ada syarat-syarat seperti yang disampaikan. Pertemuan hari ini betul-betul gak ada syarat apapun ya.Termasuk syarat memulangkan siapa saja, enggak ada," tegas Pramono di fX Sudirman, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7).
Pertemuan Jokowi dan Prabowo pada Sabtu ini dimulai dari stasiun MRT Lebak Bulus. Setelah itu, mereka berbincang hangat di restoran Sate Khas Senayan.
Sebelumnya, Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengusulkan pemulangan Rizieq dijadikan syarat rekonsiliasi Prabowo-Jokowi.
Menurut dia, hal itu lebih substantif ketimbang membahas pembagian jabatan di pemerintahan atau koalisi.
ADVERTISEMENT
"Ada program Pak Prabowo yang baik bisa diadaptasi oleh kubu Pak Jokowi. Salah satu yang saya pikir menjadi perhatian khusus kami, Pak Prabowo dulu pernah meminta Habib Rizieq kembali," kata Dahnil
"Saya menggugah Pak Jokowi yang terpilih membuka komunikasi bagaimana pun Habib Rizieq warga negara Indonesia. Tokoh penting ulama yang dihormati banyak umat Islam di Indonesia. Saya pikir kepulangan beliau ditunggu sebagian besar umat di Indonesia," ujar Dahnil.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan