kumparan
8 November 2019 20:58

Perwira Polisi yang Naik Bintang: dari Firli, Argo, hingga Fadil Imran

Kabid Humas Polda Metro, Kombespol Argo Yuwono
Kabid Humas Polda Metro, Kombespol Argo Yuwono. Foto: Ricky Febrian/kumparan
Polri kembali melakukan mutasi di beberapa posisi. Mutasi ini hal yang rutin, biasa dilakukan.
ADVERTISEMENT
Seperti dikatakan As SDM Kapolri, Irjen Eko Indra, mutasi ini adalah mutasi rutin untuk menggantikan personel.
"Antara lain karena ada yang pensiun, mendapat tugas di luar struktur sehingga harus diganti, termasuk juga para Kapolres yang mendapat job promosi sehingga diganti dengan personel yang lain," tegas Eko, Jumat (8/10).
Dirtipidter Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Fadil Imran di Bareskrim Polri
Dirtipidter Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Fadil Imran di Bareskrim Polri. Foto: Mirsan Simamora/kumparan
Mutasi yang terbaru adalah bernomor ST/3020/XI/KEP/2019, ada beberapa perwira yang mendapat promosi kenaikan bintang.
kumparan merangkum beberapa nama mereka yang mendapat promosi jabatan dan kenaikan bintang, Irjen Firli Bahuri yang menjabat Kapolda Sumsel kini menjadi Kabaharkam dengan pangkat bintang tiga.
Firli diperkirakan hanya sebentar di kursi ini, karena dia sudah terpilih menjadi Ketua KPK. Desember mendatang, Firli akan mulai bertugas di KPK.
ADVERTISEMENT
Kemudian, ada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono yang menempati jabatan sebagai Karopenmas Mabes Polri. Dengan jabatan baru ini, Argo mendapat bintang satu atau Brigjen.
Argo cukup lama menempati jabatan Kabid Humas Polda Metro. Beberapa Kapolda Metro pernah dia 'kawal', seperti Jenderal Idham Azis, dan kini Irjen Gatot yang masih menjabat.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Senin (11/3). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Lalu ada Brigjen Nico Afinta yang menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri 'mengawal' Idham Azis kala menjadi Kabareskrim. Nico adalah salah satu anggota tim teknis pengungkapan kasus Novel Baswedan.
Nico menempati posisi baru sebagai Sahlisospol Kapolri dengan pangkat bintang dua.
Lalu ada Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Fadil Imran yang juga mendapat kenaikan bintang. Fadil yang juga pernah 'menemani' Idham di Bareskrim, kini memegang jabatan sebagai Sahlisosbud Kapolri.
LIPSUS, Para Pembunuh KPK, Firli Bahuri
Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan capim KPK di Komisi III DPR RI, Jakarta, Kamis (12/9). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Selain itu, ada pula Kombes Ferdy Sambo Koorspripim Polri yang pecah bintang. Ferdy yang menjadi Koorspripim selama Tito menjadi Kapolri kini menempati posisi baru sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri. Ferdi kini memiliki satu bintang di bahunya.
ADVERTISEMENT
Kemudian ada Brigjen Istiono yang sebelumnya menjadi Kapolda Bangka Belitung akan menempati posisi baru, sebagai Kakorlantas Polri. Istiono dengan jabatan barunya ini mendapat tambahan satu bintang atau kini berpangkat Irjen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan