kumparan
News17 Maret 2020 18:47

Pesan Emil Dardak untuk Cegah Corona: Cuci Tangan, Hand Sanitizer Kalau Darurat

Konten Redaksi kumparan
PTR, Wakil Gubenur Jawan TImur Emil Elestianto
Wakil Gubenur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengecek persiapan BPBD Jatim atasi bencana musim penghujan. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak meninjau layanan call center Dinas Kesehatan Jatim dalam penanganan virus corona (Covid-19).
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan itu, Emil mengajak masyarakat Jatim untuk mengutamakan cuci tangan sebagai upaya menangkal virus corona daripada menggunakan hand sanitizer. Sebab, cuci tangan di air mengalir dapat lebih baik membersihkan kotoran, bakteri, dan virus.
"Kalau bisa cuci tangan, pilihlah cuci tangan daripada sanitizer, karena itu lebih bagus. Sanitizer itu kalau darurat saja, misalnya pas lagi di jalan atau setelah menekan tombol lift. Selama ada wastafel, cuci tangan saja karena air mengalir itu lebih baik," ucap Emil di Surabaya, Selasa (17/3).
perempuan, cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan Foto: Shutterstock
Selain itu, Emil juga mengajak warganya untuk mengurangi sentuhan tangan terhadap wajah, guna meminimalisir penularan penyakit.
"Ini juga sekaligus biar tidak jerawatan," lanjutnya.
Senada dengan Emil, Ketua Satgas Corona Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dr Prastuti Asta Wulaningrum, menyampaikan pentingnya cuci tangan di air mengalir.
ADVERTISEMENT
“Sebetulnya yang bagus sabun dan air mengalir paling baik. Hand sanitizer dipakai bila tidak menemukan air,” kata Prastuti saat ditemui di RS Unair Surabaya.
Emil Apresiasi Layanan Call Center Penanganan Corona
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Foto: dok. Istimewa
Sementara itu, saat kunjungannya ke Dinkes Jatim, Emil mengapresiasi pegawai Dinkes dalam memberikan pelayanan call center soal Covid-19. Layanan ini disebut dengan program Call Center Cangkrukan Kesehatan (Cacak Jatim).
"Jadi sudah dibagi piketnya untuk call center. Ada fix line (telepon kantor) untuk jam kerja, dan ada yang melalui aplikasi WhatsApp," terang Emil.
Layanan call center itu dibuka pada pukul 07.00-15.30 WIB dan 18.00-21.00 WIB. Rinciannya, warga Jatim bisa menghubungi saluran pertama melalui nomor telepon 031-8430313 atau saluran kedua di nomor 081334367800. Layanan call center pun juga dibuka pada hari libur.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan