kumparan
12 September 2019 10:28

Pesan Habibie untuk Golkar: Harus Punya Inovasi dan Visi untuk Bangsa

Bambang Soesatyo tiba di kediaman almarhum BJ Habibie. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mengenang BJ Habibie sebagai sosok teladan bagi bangsa. Bamsoet mengatakan Habibie banyak memberi masukan padanya, terutama untuk Partai Golkar.
ADVERTISEMENT
Salah satu pesan Habibie yang diingat oleh Bamsoet adalah perlunya sosok pemimpin yang memiliki inovasi dan visi yang luar biasa bagi bangsa di Partai Golkar.
“Beliau memotivasi kami harus ada orang-orang seperti saya kembali di Golkar, maksudnya seperti Pak Habibie, yang memiliki inovasi dan visi yang luar biasa bagi bangsa ini,” kata Bamsoet usai melayat di rumah duka, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).
Bamsoet mengungkapkan terakhir kali bertemu dengan Habibie tiga minggu yang lalu. Saat itu, Bamsoet meminta masukan dari Habibie sekaligus meminta restu untuk maju sebagai caketum Golkar.
Mantan Presiden Indonesia BJ Habibie hadir saat Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato utama di Universitas Indonesia di Jakarta pada 10 November 2010. Foto: AFP PHOTO / BARBARA WALTON
“Saya bertemu terakhir 3 minggu lalu ketika saya meminta pandangan, nasihat, dan restu sebagai calon ketum Partai Golkar. Beliau memberikan pesan kepada kami semua di Partai Golkar bahwa Golkar harus tetep dipertahankan menjadi partai kekaryaan yang selalu memiliki inovasi kerja nyata bagi pembangunan yang sebesarnya,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
“Beliau juga berpesan agar demokrasi yang sudah ditunjukkan oleh Partai Golkar sejak (dimulai era) demokrasi, yang demokratis dan terbuka tetap dipertahankan. Itu kira-kira pesan beliau kepada saya,” pungkasnya.
Hingga saat ini, rumah duka terus dipadati oleh pelayat. Sejumlah tokoh dan pejabat datang ke rumah duka, di antaranya Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Widodo, Amien Rais, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Mahfud MD, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepatnya di samping makam istrinya, Ainun Habibie, siang nanti. Upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan