News
·
10 Februari 2021 8:20

Pesan Prabowo ke Kader di HUT Gerindra: Harus Vaksin; Jangan Bikin Gaduh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pesan Prabowo ke Kader di HUT Gerindra: Harus Vaksin; Jangan Bikin Gaduh (184620)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Perayaan HUT ke-13 Partai Gerindra digelar secara internal dan virtual di Hambalang, Bogor, Selasa (9/2). Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, memberikan banyak pesan ke kadernya.
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya, Prabowo mengucapkan syukur dan menyinggung banyak hal, mulai dari vaksinasi hingga meminta kader tidak berbuat gaduh.
Mengenang pembentukan Gerindra
Prabowo mengulas kembali berdirinya Partai Gerindra dalam perayaan HUT ke-13 partainya. Menurutnya, pembentukan Gerindra begitu cepat, bahkan hanya dalam 14 hari kerja.
"Saudara-saudara sekalian, Gerindra berdiri 13 tahun yang lalu secara spontan dalam waktu yang cepat, yang tidak diperhitungkan orang. Kalau tidak salah saya ingat, kita memerlukan waktu hanya 14 hari kerja untuk mendirikan partai kita ini," kata Prabowo.
Meski dibangun dalam waktu singkat, kata Prabowo, saat menghadapi Pemilu pertama di 2009, Gerindra langsung lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.
"Alhamdulillah partai kita berdiri, di luar dugaan, langsung bisa lolos threshold, masuk parlemen," tutur Menteri Pertahanan RI itu.
Pesan Prabowo ke Kader di HUT Gerindra: Harus Vaksin; Jangan Bikin Gaduh (184621)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Minta kader ikut vaksinasi
ADVERTISEMENT
Prabowo meminta kader Gerindra menjaga diri agar tidak terpapar corona. Ia pun mewajibkan para kadernya untuk menjalani vaksinasi corona ketika waktunya tiba.
"Para kader di seluruh nusantara, di seluruh daerah, di semua provinsi, DPC-DPC hadir semua. Insyaallah kita akan jumpa kembali, kita harus jaga sekarang, jaga dirimu masing-masing. Waspada terhadap pandemi. Sebentar lagi vaksin akan datang, kita harus vaksin semua sesuai pengarahan dokter," ujar Prabowo.
Menurutnya, vaksinasi bisa membuat masa depan bangsa menjadi lebih baik. Sehingga, para kader dapat semakin berkontribusi demi kemajuan Gerindra.
"Gerindra akan jaya, dan Gerindra akan unggul, dan Gerindra akan selalu semangat," ucapnya.
Minta kader jangan bikin gaduh
Di usia Gerindra yang menginjak 13 tahun, Prabowo turut mengingatkan sejumlah capaian dan pesan untuk kadernya di tengah pandemi. Salah satunya soal larangan membuat kegaduhan.
ADVERTISEMENT
"Jangan ada kader kita yang justru di tengah kesulitan bangsa kita memperparah dengan menimbulkan isu-isu atau kegaduhan-kegaduhan yang tidak perlu saudara-saudara sekalian," kata Prabowo.
Sebab, menurut Prabowo, Indonesia sudah mengalami kesulitan yang sangat banyak, terutama karena pandemi COVID-19 yang berdampak parah ke perekonomian.
"Untuk itu saya minta seluruh keluarga besar Gerindra semakin kompak, semakin bersatu, semakin utuh, semakin percaya diri, semakin percaya kepada pimpinan, mari Gerindra menjadi salah satu kekuatan yang membantu penyelesaian masalah-masalah bangsa," ajak Prabowo.
Pesan Prabowo ke Kader di HUT Gerindra: Harus Vaksin; Jangan Bikin Gaduh (184622)
Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra H. Prabowo Subianto melaksanakan pengukuhan kepengurusan hasil kongres pada 8 Agustus 2020 silam tepat di HUT ke-13 Partai Gerindra, Sabtu (6/2/2021). Foto: Dok. Istimewa
Kader Gerindra Jangan Mau Diadu Domba, Diajak ke Arah Kebencian
Prabowo menegaskan, Gerindra siap dihujat namun akan tetap cinta Tanah Air. Prabowo menegaskan, sikap tersebut telah dipegang kader Gerindra sejak lama.
ADVERTISEMENT
"Kita siap berkorban kita siap menahan diri kita siap dizalimi, kita siap difitnah, kita siap dikhianati, kita siap dihujat tapi hati kita tetap teguh cinta tanah air dan selalu berjuang untuk kebaikan dan kebesaran bangsa kita dan kepentingan rakyat kita," tuturnya.
"Jangan mau diadu domba, jangan mau diajak ke arah kebencian," tutur Menhan RI itu.
Prabowo menekankan, Indonesia adalah bangsa yang besar sekaligus majemuk, terdiri dari banyak etnis dan agama. Ia meminta kader untuk mengatasi masalah dengan tidak saling membenci.
"Tidak dengan saling bertikai, tidak dengan saling mencari kekurangan kesalahan, tapi dengan mencari kerja sama mencari persatuan, mencari titik titik temu, ini kunci bagi kita sebagai bangsa," tegas Prabowo.
Pesan Prabowo ke Kader di HUT Gerindra: Harus Vaksin; Jangan Bikin Gaduh (184623)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Foto: Reuters/Willy Kurniawan
Gerindra belum bisa berkuasa mutlak
ADVERTISEMENT
Gerindra kini menjadi salah satu parpol dengan suara terbesar di parlemen. Meski demikian, Gerindra belum berkuasa mutlak walau bergabung dengan pemerintah.
Namun, Prabowo meminta kadernya tak patah semangat dengan kondisi tersebut. Sebab, perjalanan Gerindra masih panjang dan tantangan ke depan semakin sulit.
"Perjuangan masih jauh. Long march kita belum selesai, tantangan akan banyak, mungkin di antara kalian akan ada yang surut, mungkin di antara kalian akan ada yang kecil hati. Tapi saya lihat sebagian besar kalian akan terus berjuang, sebagian besar dari kalian tidak akan pernah gentar menghadapi tantangan dan kesulitan," ujar Prabowo.
"Saya paham dan saya mengerti, dan kadang-kadang saya juga harus banyak-banyak menahan diri demi kepentingan yang besar, demi kepentingan partai, demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia dari semua agama, semua suku," ucapnya.
ADVERTISEMENT
"Warga negara Indonesia adalah semua saudara-saudara kita, yang harus kita bela, yang harus kita jaga, yang harus kita perjuangkan," lanjutnya.
Bangun Gerindra Tanpa Bantuan Pusat, tapi Tak Tenggelam
Prabowo menyatakan kebanggaannya terhadap para kader yang begitu gigih saat membangun Gerindra pada 2008 silam. Prabowo menyatakan, Gerindra didirikan tanpa bantuan dari pusat, namun para kader pantang menyerah.
"Saya bangga dengan semangat kalian, kalian selama ini membangun partai dengan tidak ada bantuan dari pusat, kita berdiri, kita berenang atau tenggelam," tutur Prabowo.
"Dan saudara-saudara telah membuktikan bahwa kalian tidak tenggelam, kalian tidak menyerah, kalian tidak pantang mundur, kalian tidak takut dengan tantangan, kalian tidak gentar dengan kesulitan, kalian tidak takut dengan segala cobaan yang kita alami," lanjutnya.
Pesan Prabowo ke Kader di HUT Gerindra: Harus Vaksin; Jangan Bikin Gaduh (184624)
Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra H. Prabowo Subianto melaksanakan pengukuhan kepengurusan hasil kongres pada 8 Agustus 2020 silam tepat di HUT ke-13 Partai Gerindra, Sabtu (6/2/2021). Foto: Dok. Istimewa
Partai Lain Bukan Musuh
ADVERTISEMENT
Prabowo meminta kader Gerindra jangan menganggap partai lain sebagai musuh dan saling menghujat. Ia mengakui, partai lain memang rival politik, namun tetap saudara sebangsa.
"Partai lain bukan musuh kita, itu adalah saudara-saudara kita, rival adalah baik, persaingan adalah baik, rivalitas itu alamiah, tapi rival politik bukan musuh politik, mereka adalah saudara-saudara kita. Karena itu saya minta Partai Gerindra selalu santun, selalu sopan, jangan menghujat, jangan pakai kata-kata kasar," imbuhnya.
Ia pun berharap Gerindra bisa menjadi partai yang selalu memberikan solusi, bukan partai yang egois.
"Saya menginginkan Partai Gerindra selalu menjadi partai yang mencari kebersamaan, mencari solusi, kompromistis, yang tidak egoistis, yang tidak mau menang sendiri, tetapi mencari jalan keluar yang terbaik untuk semua pihak," ucapnya.
ADVERTISEMENT