kumparan
News24 November 2019 18:00

Pesawat di Kongo Jatuh Timpa Rumah, 19 Orang Tewas

Konten Redaksi kumparan
PTR, pesawat jatuh di Goma, Kongo
Kepulan asap dari pesawat yang jatuh di Goma, Kongo, Minggu (24/11/2019). Foto: AFP/PAMELA TULIZO
Sebuah pesawat kecil jatuh menimpa rumah di sebuah permukiman padat penduduk di Goma, Republik Demokratik Kongo. Sebanyak 19 penumpang dan kru tewas dalam peristiwa ini.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, tubuh penumpang dan kru berhasil dievakuasi dari puing pesawat, berdasarkan laporan tim penyelamat. Berbagai foto yang beredar menunjukkan asap hitam mengepul ke udara di tengah-tengah kerumunan rumah warga.
pesawat jatuh di Goma, Kongo
Warga berlarian di sekitar kepulan asap dari pesawat yang jatuh di Goma, Kongo, Minggu (24/11/2019). Foto: AFP/PAMELA TULIZO
Pesawat jenis Dornier-228 milik maskapai Busy Bee itu hendak menuju Beni, 350 kilometer utara Goma, sebelum jatuh. Kecelakaan terjadi tidak lama setelah pesawat tinggal landas dari bandara Goma.
Belum diketahui penyebab kecelakaan dan pihak maskapai belum mengeluarkan pernyataan.
pesawat jatuh di Goma, Kongo
Kepulan asap dari pesawat yang jatuh di Goma, Kongo, Minggu (24/11/2019). Foto: AFP/PAMELA TULIZO
Kecelakaan pesawat kerap terjadi di Kongo karena buruknya standar keselamatan serta minimnya perawatan. Itulah sebabnya seluruh maskapai komersial Kongo, termasuk Busy Bee, dilarang beroperasi di Uni Eropa.
Sebelumnya Oktober lalu, pesawat kargo yang tinggal landas dari bandara yang sama jatuh setelah satu jam di udara. Sebanyak delapan orang di dalamnya tewas.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan