Pesawat Militer Afghanistan Jatuh di Uzbekistan

16 Agustus 2021 16:29 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pesawat jatuh. Foto: Sergey Bobok/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pesawat jatuh. Foto: Sergey Bobok/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pesawat militer Afghanistan jatuh di sebuah provinsi di selatan Uzbekistan pada Minggu (15/8) malam.
ADVERTISEMENT
Menurut media lokal Gazeta.uz, pesawat nahas itu jatuh di Provinsi Surxondaryo, provinsi paling selatan Uzbekistan. Wilayah tersebut juga berbatasan dengan Afghanistan.
Dilansir Reuters, media tersebut melampirkan foto-foto tim medis mengevakuasi seorang pria berseragam Angkatan Udara. Kabar ini juga ramai diperbincangkan di jejaring sosial lokal.
Selain itu, seorang sumber menyebut, dua tentara Afghanistan yang diduga menumpangi pesawat tersebut dirawat di sebuah rumah sakit di ibu kota Provinsi Surxondaryo, Termez.
Kantor berita Rusia TASS mengatakan, mengutip keterangan Kementerian Pertahanan Uzbekistan, pihak Kemenhan tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut soal kecelakaan pesawat tersebut.
Pemerintah Uzbekistan masih belum memberikan keterangan lebih lanjut.
Pada Minggu (15/8), Uzbekistan mengatakan mereka menahan sebanyak 84 tentara Afghanistan yang menyeberangi perbatasan negara. Para tentara disebut membutuhkan pertolongan medis.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui, situasi di Afghanistan bergejolak setelah Taliban menguasai berbagai provinsi Afghanistan. Bahkan pada Minggu (15/8), kelompok pemberontak tersebut memasuki Ibu Kota Kabul dan menguasai istana kepresidenan.