News
·
26 September 2020 15:24

Pesawat Militer Pengangkut Taruna AU Ukraina Jatuh dan Terbakar, 22 Orang Tewas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pesawat Militer Pengangkut Taruna AU Ukraina Jatuh dan Terbakar, 22 Orang Tewas (137108)
Ilustrasi pesawat jatuh Foto: Shutter Stock
Pesawat angkut militer yang membawa taruna angkatan udara Ukraina jatuh dan terbakar di dekat jalan tol di dekat jalan raya di timur laut Ukraina, Jumat (25/9) malam. Dilansir Reuters, peristiwa itu menewaskan setidaknya 22 orang yang ada dalam pesawat tersebut.
ADVERTISEMENT
Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina Ruslan Khomchak mengatakan, pesawat Antonov An-26 jatuh ketika akan mendarat dalam sesi latihan. Dalam peristiwa itu juga dilaporkan dua orang terluka parah.
Dalam video yang diunggah oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Ukraina Anton di Facebook, menunjukkan pesawat tersebut terbakar di dekat jalan dan asapnya membumbung ke langit.
Investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat sudah dimulai. Gubernur Kharkiv Oleksiy Kucher mengatakan, seorang pilot melaporkan terjadi kegagalan pada mesin kiri dari pesawat bermesin ganda tersebut. Interfax Ukraine mengatakan, seharusnya hal itu tidak perlu menjadi situasi yang berbahaya bagi pilot berpengalaman.
Berdasarkan informasi awal, Kucher mengatakabeberapa orang penumpang berhasil melompat keluar ketika pesawat berada di ketinggian rendah.
ADVERTISEMENT
Seorang saksi mata yang sedang mengendarai kendaraannya menuju Chuhuiv mengatakan kepada Reuters bahwa dia melihat seorang pria yang terbakar berlari dari pesawat setelah pesawat itu jatuh.
"Mobil lainnya berhenti di belakang kami. Kami mengambil alat pemadam api dan berlari bersama pengendara lain untuk menolongnya," ujar pengendara bernama Yaroslav.
"Pria lainnya keluar dari pesawat. Dia terluka di bagian kepala. Kami menariknya ke sisi lain jalan. Yang terbakar kami padamkan apinya," lanjutnya.
Layanan Darurat Nasional Ukraina mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar 2 kilometer dari bandara militer. Disebutkan ada 27 orang di dalam pesawat itu.
Para taruna berasal dari Kharkiv University of Air Force yang dikelola Kementerian Pertahanan.
"Sebuah komisi negara sedg dibentuk untuk mengidentiasi semua keadaan dan penyebab peristiwa ini. Pencarian hingga penyelamatan akan terus dilakukan di lokasi," kata kantor kepresidenan dalam keterangannya.
ADVERTISEMENT
Presiden Volodymyr Zelenskiy akan meninjau lokasi kejadian pada Sabtu (26/9) waktu setempat.