News
·
4 Juni 2020 2:12

PIA: Pilot Pesawat Jatuh di Pakistan Abaikan Instruksi ATC Dua Kali

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PIA: Pilot Pesawat Jatuh di Pakistan Abaikan Instruksi ATC Dua Kali (103557)
Petugas penyelamat menyemprotkan air ke pesawat Pakistan International Airlines setelah jatuh di daerah perumahan di Karachi, Pakistan (22/5). Foto: AFP/ASIF HASSAN
Otoritas Penerbangan Sipil memberikan laporannya kepada Pakistan International Airlines (PIA) tentang insiden pesawat jatuh di sebuah perumahan di Karachi 22 Mei lalu. Menurut laporan tersebut, pilot PIA PK8303 itu telah mengabaikan instruksi ATC (air traffic control) untuk mendarat.
ADVERTISEMENT
Dalam laporan awal ini disebutkan, pesawat tersebut mendekat dengan tidak stabil, curam, dan cepat sejak melewati Makli, sekitar 100 km sebelah timur landasan pacu Bandara Karachi. Petugas ATC sudah dua kali meminta pilot untuk menghentikan hal tersebut, namun diabaikan.
"Saat mendekati pendaratan, kecepatan darat pesawat berada di atas ambang landasan," tulis surat tersebut dilansir Reuters, Kamis (4/6).
Akibatnya, pesawat tersebut menghantam pemukiman padat penduduk yang tak jauh dari bandara saat mendarat. Setidaknya, satu orang penduduk dan 97 penumpang pesawat tewas. Sedangkan dua orang lainnya selamat.
"Kami sudah menerima surat itu dan mereka sedang mendokumentasikannya," kata Manajer Umum PIA Abdullah Hafeez Khan.
Saat ini, black box pesawat sudah ditemukan dan sedang diterjemahkan ke Bahasa Prancis oleh agen kecelakaan udara Prancis, Bureau d'Enquêtes et d'Analyses (BEA).
ADVERTISEMENT
Menteri Penerbangan Pakistan Ghulam Sarwar Khan menyebut, laporan awal ini akan disampaikan ke parlemen pada 22 Juni mendatang. Insiden ini meruupakan kasus kecelakaan udara terburuk di Pakistan sejak 2012 lalu.
--------------------------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.